get app
inews
Aa Read Next : Diprediksi Jadi Pemenang Pemilu, Golkar KBB Siapkan Kader Maju di Pilkada

Airlangga Sebut Subsidi LPG Meningkat, Tahun Ini Tembus Rp117 Triliun

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 08:03 WIB
header img
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah akan meningkatkan sambungan jaringan gas (jargas) rumah tangga untuk mengurangi penggunaan liquefied petroleum gas (LPG), khususnya penggunaan LPG tabung gas 3 kilogram (kg).

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, penggunaan LPG 3 kg menunjukkan tren peningkatan yang memicu peningkatan subsidi hingga menjadi Rp117 triliun di tahun 2023.

“Di tahun 2022 kemarin [penggunaan] mencapai 7,8 juta ton, ini yang subsidi, dan yang nonsubsidi itu turun terus, jadi yang tahun kemarin sekitar 580 ribu. Nah, subsidi ini diperkirakan di tahun ini subsidinya bisa mencapai Rp117 triliun,” ucap Airlangga, Kamis (12/10/2023).

Airlangga mengatakan, hingga saat ini progres penyambungan jaringan gas rumah tangga baru mencakup 835 ribu rumah. Dari 835 sambungan tersebut, sebanyak 594 ribu pendanaannya berasal dari pemerintah dan 241 ribu dari Perusahaan Gas Negara (PGN).

“Ini menjadi perhatian pemerintah agar jaringan gas ini bisa dinaikkan di tahun 2024 ke angka 2,5 juta jaringan,” ungkapnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut