get app
inews
Aa Read Next : Bakal Calon Wali Kota Cimahi Ini Tawarkan Solusi Atasi 7 Persoalan Besar Buruh

Targetkan Kelola Sampah Mandiri pada 2025, Pemkot Cimahi Tak Butuh Lagi TPA Sarimukti

Selasa, 07 November 2023 | 08:46 WIB
header img
TPA Sarimukti. (Foto: cimahikota)

Di TPS tersebut, diterapkan pengolahan menggunakan mesin gibrig dan mesin crusher atau pencacah anorganik. Sampah akan dipilah lebih lanjut, sampah organik akan dicacah dan dijadikan pakan maggot, plastik low value akan dicacah menjadi RDF yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti batu bara.

Dengan pendekatan tersebut, Pemkot Cimahi mampu menangani kurang lebih 77 ton sampah per hari, sisanya masih dikirim ke TPA Sarimukti. 

Dicky mengungkapkan, dengan dioperasikan TPST Santiong dan TPST Lebak Saat yang merupakan bantuan melalui program ISWMP dari Kementerian PUPR, maka pada tahun 2024 Kota Cimahi akan mampu mengolah sisa sampah sebesar 50 ton per hari yang belum dapat ditangani secara mandiri. Luas TPST Santiong yang mencapai 0,5 hektar dengan kapasitas tampung sampah 50 ton per hari.

"Dengan keberadaan TPTS Santiong, Kota Cimahi akan mampu mengelola sampah sendiri. Ke depannya tidak akan bergantung lagi pada TPA, pengelolaan sampah selesai di Kota Cimahi. Insya Allah target tahun 2025, Cimahi dapat mencapai Zero to landfill, tidak memerlukan TPA lagi," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut