get app
inews
Aa Read Next : Bebas Kendaraan Setiap Akhir Pekan, Ini Dia Tiga Spot Tempat Wisata di Braga

Kumpulan Tempat Wisata Alam Terbaik di Garut, Pemandangannya Bikin Betah dan Rileks

Rabu, 08 November 2023 | 20:20 WIB
header img
Leuwi Jurig. (Foto: travelingyuk)

GARUT, iNewsBandungRaya.id - Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki pesona keindahan alam. Bahkan, keindahan alam di Garut disebut-sebut mirip dengan ada yang di Swiss.

Maka tak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah penghasil dodol ini. Mereka berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata di Garut untuk menikmati keindahan alamnya.

Nah, berikut ini kumpulan tempat wisata alam terbaik di Garut, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cagar Alam Leuweung Sancang

Berada di kawasan seluas 2.913 hektar, Cagar Alam Leuweung Sancang merupakan kawasan konservasi yang terdiri dari kawasan pantai, dataran rendah, dan juga hutan bakau.

Selain memiliki panorama alami yang eksotis, tempat wisata di Garut ini juga merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna langka seperti Owa Jawa, tanaman Kaboa serta Meranti Merah.

Menjelajahi kawasan wisata Garut ini pengunjung bisa menikmati keindahan beragam ekosistem nan asri mulai dari pantai, sungai, hingga air terjun dan hutan dataran rendah.

2. Talaga Bodas

Telaga Bodas merupakan sebuah kawah yang masih aktif. Panorama dari Telaga Bodas yang sangat eksotis dengan perbukitan dan pepohonan nan asri di sekitarnya bisa membuat pengunjung betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu.

Belum lagi permukaan air telaga yang keputihan membuat Telaga Bodas menjadi tempat wisata di Garut yang cukup indah.

3. Kawah Kamojang

Selain Telaga Bodas, ada pula Kawah Kamojang yang berada di ketinggian sekitar 1.730 mdpl dengan panorama tak kalah menarik dibandingkankan tempat wisata di Garut lainnya.

Kini, kawah ini masih dimanfaatkan sebagai PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi). Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, udara di tempat ini cukup dingin.

Namun uap hangat yang dihasilkan dari telaga ini akan membantu mengusir rasa dingin dan mampu menyegarkanmu. Tapi, jangan lupa siapkan pakaian hangatmu, ya.

4. Lembah Karacak

Tempat wisata di Garut yang populer selanjutnya adalah Karacak Valley. Kawasan nan asri ini terdiri dari hutan pinus dan juga perkebunan kopi dengan luas mencapai 92 hektar.

Salah satu tujuan wisata favorit di tempat ini adalah sebuah air terjun yang dikenal dengan nama Curug Ngebul serta Puncak Dogar di mana pengunjung bisa menikmati keindahan bentang alam Garut dan juga Gunung Cikuray yang mempesona dari ketinggian.

5. Leuwi Jurig

Leuwi Jurig dalam bahasa Indonesia memiliki makna 'Kolam Setan', merupakan sebuah tempat wisata di Garut yang justru tidak terlihat menyeramkan sama sekali.

Pemandangan permukaan air yang biru berbingkai tebing bebatuan yang eksotis membuat Leuwi Jurig menjadi salah satu tempat wisata dengan panorama terindah di Garut.

6. Leuwi Tonjong

Tak cuma Leuwi Jurig, ada pula Leuwi Tonjong yang memiliki panorama tak kalah cantik. Di tempat wisata Garut satu ini, pengunjung bisa menyegarkan diri dengan bermain air sepuasnya ditemani pemandangan indah dari tebing bebatuan yang berdiri megah.

Tak jauh dari tempat wisata Garut satu ini juga terdapat sebuah air terjun kecil yang tak kalah indah.

Dengan atmosfer menyegarkan ini, tak heran jika banyak traveler yang memutuskan untuk camping untuk menikmati keindahan alami dari tempat wisata di Garut satu ini.

7. Curug Sanghyang Taraje

Rekomendasi tempat wisata di Garut selanjutnya adalah beragam wisata air terjun. Salah satunya adalah air terjun atau curug Sang Hyang Taraje.

Memiliki ketinggian yang cukup tinggi dengan aliran yang deras, air terjun ini juga memiliki dua aliran air sehingga disebut juga dengan sebutan air terjun kembar.

Untuk bisa mencapai obyek wisata Garut satu ini, pengunjung perlu melintasi medan cukup menantang. Namun, dengan pesona keindahan alam yang ditawarkan, tentu petualangan ini akan sepadan.

8. Curug Batu Nyusun

Tempat wisata air terjun lainnya di Garut adalah Curug Batu Nyusun. Sesuai namanya, tempat wisata di Garut satu ini terkenal akan tebing bebatuan yang tampak saling susun menyusun.

Dengan aliran air yang menyususi tebing bebatuan ini, memberikan suasana eksotis nan menyegarkan.

9. Curug Nyogong

Alternatif wisata air terjun di Garut lainnya adalah Curug Nyogong yang memiliki aliran air cukup deras.

Mengalir diantara bebatuan alami, tempat wisata Garut satu terbilang masih sangat alami karena memang lokasinya yang cukup tersembunyi.

Jadi, siap-siap untuk jelajahi medan yang cukup sulit ya agar bisa menikmati keindahan dari tempat wisata alam di Garut satu ini.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut