get app
inews
Aa Read Next : Peristiwa Kelam 13 November: Mulai dari Badai Bhola hingga Tragedi Semanggi I

13 November Peringati Hari Kebaikan Sedunia dan Tragedi Semanggi I

Minggu, 12 November 2023 | 21:00 WIB
header img
13 November Peringati Hari Kebaikan Sedunia dan Tragedi Semanggi I. (Foto: iStock)

Pada Kamis 13 November 1998, mahasiswa dan masyarakat sudah bergabung dan mencapai area Semanggi dan sekitarnya. Mereka melebur dengan mahasiswa yang sudah ada di kampus Universitas Atma Jaya Jakarta. Jumlah masyarakat dan mahasiswa yang bergabung diperkirakan puluhan ribu orang.

Untuk memukul mundur demonstran, tembakan dilepaskan. Beberapa mahasiswa tertembak dan meninggal seketika di jalan. Salah satunya adalah Teddy Wardhani Kusuma, mahasiswa Institut Teknologi Indonesia (ITI) yang merupakan korban meninggal pertama di hari itu diikuti oleh sejumlah korban tewas lain. Kejadian ini kemudian dikenang sebagai Tragedi Semanggi I.

Hari Kebaikan Sedunia

Hari Kebaikan Sedunia diperkenalkan pertama kali oleh sebuah organisasi bernama World Kindness Movement atau Gerakan Kebaikan Dunia. Gagasan ini dimulai pada 1998.

Sejumlah negara seperti Australia, Thailand, Amerika Serikat, dan Inggris berkumpul di suatu konferensi untuk memperjuangkan kebaikan di masyarakat.

Hingga saat ini, Hari Kebaikan Sedunia pun selalu diperingati setiap tahunnya. Ada berbagai macam kebaikan yang bisa dilakukan untuk merayakan momentum ini.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut