get app
inews
Aa Read Next : Pengunjung Mal di Bandung Panik, Kepala Remaja Terjepit Eskalator, Alami Patah Tulang Bahu 

Peristiwa Kelam 13 November: Mulai dari Badai Bhola hingga Tragedi Semanggi I

Senin, 13 November 2023 | 09:29 WIB
header img
Badai Bhola di Bangladesh. (Foto: Ilustrasi/Dw)

Peristiwa letusan Gunung Nevado del Ruiz kemudian disebut sebagai Tragedi Armero. Nevado del Ruiz hingga kini disebut sebagai "Singa Tidur" oleh penduduk setempat usai letusan pada 1985 itu.

1998 – Tragedi Semanggi I

Gelombang aksi demonstrasi besar-besaran menentang pemerintahan dan anggota DPR/MPR Orde Baru terjadi pada 11–13 November 1998. Unjuk rasa besar-besaran tersebut hingga kini dikenang dengan nama Tragedi Semanggi I.

Puncak demonstrasi terjadi pada 13 November 1998. Saat itu ratusan ribu mahasiswa dan masyarakat berkumpul di kawasan Semanggi, Jakarta. Gelombang aksi massa tersebut dihadang kendaraan lapis baja di sepanjang Jalan Sudirman.

Kendaraan taktis itu membubarkan massa sekira pada 15.00 WIB. Mahasiswa berkumpul di satu titik yakni Universitas Atma Jaya. Mahasiswa yang berkumpul di Kampus Atmajaya ditembaki secara membabi buta oleh aparat.

Korban dari mahasiswa berjatuhan. Berdasarkan catatan, ada sekira 17 orang yang meninggal dunia dalam peristiwa berdarah Tragedi Semanggi I. Korban tewas terdiri dari 6 mahasiswa, 2 pelajar SMA, 2 anggota Polri, 1 satpam, 4 anggota Pam Swakarsa, dan 3 masyarakat sipil.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut