get app
inews
Aa Read Next : Mau Kuliah di Itenas Bandung? Cek Jalur Seleksi dan Pendaftaran, Ada Diskon UKT!

Dies Natalis Ke 51, Itenas Bandung Komitmen Lahirkan Inovasi dan Bersaing di Kancah Global

Jum'at, 15 Desember 2023 | 13:18 WIB
header img
Dies Natalis Itenas Bandung ke 51 Tahun. Foto Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Institut Teknologi Nasional Bandung merayakan hari jadi atau Dies Natalis ke-51 Tahun yang digelar dalam Sidang Terbuka Pimpinan dan Senat bertempat di GSG Bale Dayang Sumbi Itenas, pada Kamis (14/12/2023).
 
Itenas Bandung mengusung tema “Embracing Challenges, Fostering Innovations” dalam Dies Natalis ke-51 tahun ini. Tema tersebut memiliki makna kesiapan Itenas Bandung untuk bersaing di kancah global.

"Tema tersebut mengandung makna bahwa Itenas akan terus berkomitmen menghadapi segala tantangan di masa depan untuk melahirkan berbagai terobosan inovasi baru, mendukung daya saing bangsa dan mampu berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan nasional dan global," ujar Rektor Itenas Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D.

Meilinda menambahkan, semangat tersebut dilandaskan tujuan Itenas Bandung untuk menjadi world class university.

"Aspek-aspek yang menjadi perhatian antara lain peningkatan kualitas dan produktivitas penelitian dan publikasi, inovasi, serta program internasionalisasi di samping proses akademik," tambahnya.

Prof. Dr. Iwan Inrawan Wiratmadja selaku Ketua Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi juga menyampaikan harapannya kepada Itenas Bandung, untuk bisa berbenah menghadapi perubahan global yang cepat dan masif menuju tahun 2045.

"Perubahan global atau megatrend tersebut merupakan perubahan transformatif berskala besar, berjangka waktu panjang, dan bersifat masif terutama disebabkan oleh kemajuan teknologi digital dan komputasi termasuk kecerdasan buatan atau AI. Terdapat 10 megatrend yg akan dihadapi menuju tahun 2045, saya menggaris bawahi tiga aspek diantaranya perkembangan teknologi, peningkatan persaingan pemanfaatan sumber daya alam, dan perubahan iklim," ujar Ketua YPDS.

Rangkaian prosesi tersebut diisi dengan orasi ilmiah dari Prof. Dr. Setiyo Budiyanto, S.T., M.T. yang merupakan Guru Besar Bidang Teknik Elektro dari Universitas Mercu Buana (yang sekaligus alumni Teknik Elektro Itenas).

Selain orasi ilmiah, diselenggarakan juga pemberian penghargaan masa kerja kepada dosen dan karyawan yang yang berdedikasi selama 10 tahun dan selanjutnya, serta Itenas Awards 2023 sebagai penganugerahan kepada civitas akademika yang telah mengharumkan nama institut dan juga mitra Itenas terbaik sepanjang tahun 2023.

Adapun prestasi yang diraih sepanjang tahun ini, civitas akademika dan alumni Itenas Bandung berhasil menyabet gelar juara di lingkup nasional dan internasional. Pencapaian terbaik diraih oleh Aulia Akbar (alumni program studi Desain Komunikasi Visual) yang menjadi pemenang sayembara logo IKN Nusantara pada akhir Mei.

Itenas Bandung juga menghasilkan karya terbaik berupa kendaraan roda tiga listrik hybrid pertama di Indonesia melalui tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa program studi Teknik Mesin.

Selain itu, Itenas Bandung juga meraih prestasi di bidang akademik seperti Juara 3 Hibah Pengembangan dan Penyelenggaraan Pembelajaran Digital (P3D) Kemendikbud Ristek oleh Ibu Sofia Umaroh, S.Pd., M.T. (dosen program studi Sistem Informasi), banyaknya dosen yang mendapatkan hibah penelitian bergengsi, hingga lahirnya dua guru besar tetap. 

Pada akhir November lalu, Itenas Bandung melakukan pengukuhan guru besar kepada Prof. Dr. Waluyo, S.T., M.T. (bidang Ilmu Tenaga Listrik) dan Prof. Dr. Ir. Etih Hartati, M.T. (bidang Pengolahan Limbah Cair).

Dengan prestasi tersebut Itenas Bandung diharapkan semakin terpacu untuk meningkatkan kualitasnya sebagai perguruan tinggi juga merealisasikan motto “Embracing Challenges, Fostering Innovations” (Merangkul Tantangan, Membina Inovasi) yang digalakkan.

​​​​

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut