get app
inews
Aa Read Next : Perawat RS Santosa Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Gemparkan Warga Bandung

Sumedang Siap Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Jum'at, 15 Desember 2023 | 20:45 WIB
header img
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri workshop Kabupaten/Kota Kreatif di Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS). Foto Istimewa

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman siap menjadikan Kabupaten Sumedang sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Hal itu dikatakan Herman di hadapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dalam acara workshop Kabupaten/Kota Kreatif di Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Kamis (14/12/2023). 

"Mas Menteri, target Kabupaten Sumedang saat ini yakni ingin mendorong Sumedang menjadi world calass destination," ujar Herman, dalam keterangah tertulisnya.

Dirinya meyakini bahwa di bawah kepemimpinan Menteri Sandiaga Uno, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia bisa melompat, termasuk di Sumedang.

"Setelah Pak Menteri mengunjungi Kabupaten Sumedang, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang akan ikut melompat," ucapnya. 

Untuk itu, dirinya meminta bantuan, bimbingan dan fasilitasi khusus dari Menparekraf dengan dukungan berbagai persiapan yang dilakukan.

"Kami totalitas dengan aksesibilitas yang telah kami siapkan. Karena sekarang sudah ada Tol Cisumdawu. Selain itu, kami punya destinasi unggulan yakni Menara Kujang Sapasang," ujarnya. 

Guna mendukung sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang, lanjutnya, Pemkab Sumedang telah memberikan kemudahan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB). 

"UMKM harus berkembang, terutama yang berbasis ekonomi kreatif. Untuk itu, pengurusan perizinan cukup dengan waktu 10 menit dan dilakukan di kantor desa. Selain itu, kami juga menyiapkan permodalan dalam bentuk Kurda (Kredit Usaha Rakyat Daerah)," terangnya. 

Sementara itu, Menteri Sandiaga Uno mengatakan, ekosistem ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang dinilai sangat siap untuk melakukan uji petik sehingga bisa ditetapkan sebagai "Kabupaten Kreatif". 

"Saya melihat para pelaku ekonomi kreatif inilah yang akan menciptakan lapangan kerja. Mereka akan berjuang untuk mendapatkan penghasilan sehingga biaya hidup tidak bertambah," ucapnya. 

Ia menambahkan, Kemenparekraf telah menyalurkan bantuan khusus untuk subsektor ekonomi kreatif fotografi. 

"Karena dengan foto yang bagus, maka Sumedang akan lebih terinformasikan menjadi destinasi wisata unggulan," imbuhnya. 

Masih kata Sandiaga Uno, Kemenparekraf juga telah meluncurkan program "Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hijau". 

"Ini bagian daripada kualitas yang akan kita tingkatkan dan (pelestarian) lingkungan yang berkelanjutan," pungkasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut