get app
inews
Aa Read Next : Suksesi Pilkada, Golkar Dorong Figur Pituin KBB untuk Maju Menjadi Bupati

Komitmen Pada Pendidikan, Kang Sabil Ingin Cetak Generasi Bangsa yang Maju

Jum'at, 15 Desember 2023 | 21:48 WIB
header img
Dr. M. Sabil Rachman, M.Si atau yang akrab disapa Kang Sabil menekankan pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter seseorang dan bekal pengetahuan dalam menjalani kehidupan. Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Pendidikan memiliki peran penting dalam segala aspek kehidupan. Sebab melalui jalur pendidikan mampu membentuk setiap individu, masyarakat, dan lingkungan sosial secara keseluruhan menuju kemajuan kehidupan.

“Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan, baik pendidikan secara formal maupun non-formal. Dengan Pendidikan seseorang bisa menjadi terdidik, memiliki kerangka atau konstruksi berfikir yang baik yang nantinya sangat berperan guna menjalani kehidupan," kata Dr. M. Sabil Rachman, M.Si, Jumat (15/12/2023).

Menurut pria kelahiran 17 Juli 1966 ini, pendidikan selalu memiliki peran penting. Oleh karenanya dirinya tak pernah menyerah untuk menggapai pendidikan setinggi-tingginya hingga kini telah berhasil menyandang gelar doktor.

Dirinya memulai pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar (SD) pada tahun 1971 hingga lulus di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 1983 di kampung halamannya, Sinjai, Sulawesi Selatan.

Kemudian dia melanjutkan kuliah hingga lulus Sarjana Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makasar tahun 1988. Dilanjutkan gelar Magister Ilmu Politik Fisip Universitas Indonesia Jakarta tahun 2007, dan lulus program Doktor Ilmu Politik Fisip Universitas Indonesia tahun 2015.

Selain pendidikan formal, pria yang akrab disapa Kang Sabil ini juga aktif diberbagai organisasi hingga partai politik sebagai media pendidikan non-formalnya. Berbagai peran dan jabatan yang dijalaninya di organisasi dan partai politik adalah pendidikan yang nyata untuk membentuk karakter diri.

"Pendidikan berperan sebagai pondasi pembangunan pribadi seseorang. Namun hal itu tentunya dengan melalui proses belajar yang cukup panjang," kata Kang Sabil yang tercatat sebagai caleg DPR RI Partai Golkar nomor urut dua dari Dapil Jabar dua yang mencakup Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Melalui pendidikan, lanjut dia, siapapun pastinya akan dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman hingga terbentuknya kerangka berfikir yang baik untuk menjalani tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada satu kata yang selalu tersemat dari hasil pendidikan ialah belajar. Cara agar orang bisa mencapai individu yang terdidik melalui proses pendidikan adalah dengan belajar, dan cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajar.

"Mengajari diri dengan berbagai hal dan mengajarkan kembali kepada orang lain sebagai proses pemahaman yang matang dari setiap hal yang dipelajari," tandasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut