get app
inews
Aa Read Next : KPU Kota Bandung Tegas Bantah Putusan Bawaslu, Golkar Jabar: Terima Kasih Berani Tentukan Arah

Hari Ibu, Bawaslu Tekankan Pentingnya Peran Perempuan dalam Pengawasan Pemilu

Jum'at, 22 Desember 2023 | 14:45 WIB
header img
Bawaslu Tekankan Pentingnya Peran Perempuan dalam Pengawasan Pemilu. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dalam momentum Hari Ibu, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bertajuk "Peran Serta Perempuan Dalam Pengawasan Pemilu" yang berlangsung di GH Universal, Bandung, Jumat (22/12/2023).

Kordiv. Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI, Lolly Suhenty mengatakan, saat ini perempuan masih sering terbatas aksesnya terhadap informasi, termasuk informasi kepemiluan. Padahal, pemilih perempuan itu sangat signifikan, hanya berbeda tipis jumlahnya dengan pemilih laki-laki.

"Sehingga momentum Hari Ibu didekatkan dengan isu pengawasan, harapannya Bawaslu itu semakin memudahkan perempuan-perempuan Indonesia, para ibu untuk bisa terhubung dengan kepemiluan. Sehingga hal-hal semacam ini menjadi penting, karena kita sama-sama tahu potret pemilih perempuan kita seperti apa," kata Lolly.

Meski memiliki angka yang cukup signifikan dalam segi pemilih, Lolly mengatakan, kandidat yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif perempuan itu masih jauh.

"Kita sama-sama tahu bahwa keterwakilan perempuan dalam pencalonan 30% saja beberapa partai menyatakan sulit sekali. Sehingga dalam konteks ini, kehadiran perempuan dalam kompetisinya masih jadi PR," ucapnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut