get app
inews
Aa Read Next : Gantikan Wahyu Mijaya, Kasatpol PP Jabar Ditunjuk Jadi Plh Kadisdik

Bey Machmudin: Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Cicalengka Rampung Tahun Ini

Sabtu, 06 Januari 2024 | 16:42 WIB
header img
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin. (Foto:Abdul Basir)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin mengatakan pembangunan jalur ganda kereta api atau double track di Bandung direncanakan rampung pada pertengahan 2024.

Salah satu jalur kereta api ganda yang tengah dibangun yakni di antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka dimana petak lokasi kecelakaan KA Turangga dan KA Commuter Line Bandung Raya, Jumat (5/1/2024).

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin menyatakan kepastian perampungan pembangunan jalur ganda di 2024 setelah mendapatkan informasi dari Dirjen Perkeretaapian RI.

“Pembangunan double track, kata pak Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Mohammad Risal Wasal) semester 1 tahun ini selesai untuk di lokasi kemarin. Tapi yang single track itu jadi double track semua semester 1 beres semua,” kata Bey di Kantor PT KAI, Bandung, Sabtu (6/1/2024).

Hal yang senada, diungkapkan Dirut PT KAI Didiek Hartantyo yang menyebutkan bahwa dalam proyek jalur ganda ini, PT KAI juga meningkatkan sistem persinyalan.

Bahkan Didiek mengatakan bahwa pembangunan jalur ganda ini dilakukan di seluruh wilayah jalur KA di Bandung Raya yang rampung pada semester 1 tahun 2024 dengan kendala pembebasan lahan yang telah bisa terselesaikan.

"Kendala memang pembebasan lahan. Jadi double track ini, termasuk peningkatan sistem persinyalan yang tadi mekanik elektrik, ini jalur di Bandung untuk double track semester 1 ini selesai semua tinggal satu petak lagi, jadi Juni insyaallah selesai," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, kecelakaan kereta api terjadi antara Kereta Api Turangga (Surabaya-Bandung) dan Kereta Api Commuter Line Bandung Raya (Padalarang-Cicalengka) di petak jalan antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1) sekitar pukul 06.00 WIB.

Dalam tabrakan tersebut, sejumlah perjalanan kereta api via Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung sempat terganggu, PT KAI pun melakukan direkayasa untuk memutar ataupun dibatalkan imbas kecelakaan tabrakan kereta ini. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut