get app
inews
Aa Read Next : DPD Golkar Jabar dan PDIP Jajaki Koalisi di Pilkada Serentak? Ini Kata Kang Ace

Airlangga Hartarto Bakar Semangat Kader di Cirebon: Golkar Harus Menang Pileg dan Pilres 2024

Kamis, 25 Januari 2024 | 07:06 WIB
header img
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan orasi politik untuk membakar semangat kader dalam meraih kemenangan di Pileg dan Pilpres 2024. (FOTO: ISTIMEWA)

CIREBON, iNewsBandungRaya.id - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Airlangga Hartarto membakar semangat caleg dan kader memenangkan Pileg dan Pilpres 2024. Airlangga ingin Partai Golkar seluruh caleg dan kader bekerja keras untuk meraih kemenangan itu.

"Saya ingin kader bekerja keras. Waktu kita tidak banyak. Sekarang waktunya kerja keras, kerja bersama. Saya tidak ingin, tidak ada kerja sama di antara caleg. Saya ingin semua caleg bekerja untuk kemenangan Partai Golkar. Momentumnya sekarang. Kita tinggal mengungkit 1-2 persen, maka Partai Golkar akan menjadi pemenang di Jawa Barat," kata Ketua DPP Partai Golkar dalam acara Konsolidasi Akbar Pemenangan Pileg dan Pilpres 2024 di Hotel Prima Cirebon, Rabu (24/1/2024).

Airlangga Hartarto menyatakan, posisi hari ini pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran, berdasarkan survei telah meraih 45 persen dukungan rakyat. Perbedaan dengan pasangan calon (paslon) lain, 15-20 persen.

"Hari ini posisi Partai Golkar nomor dua di Jawa Barat. Untuk DPRD Jawa Barat targetnya 20 kursi. Karena itu, seluruh kader harus siap dan semangat. Target yang telah ditetapkan harus tercapai," ujar Airlangga.

Partai Golkar dalam rapat di Bandung, tutur Airlangga, menyiapkan insentif agar perbedaan dengan partai lain hanya 5 persen atau bahkan kurang dari itu. Sebab, Partai Golkar ingin menang. Dengan linieritas pada Pemilu 2019, pemilih Partai Golkar bertambah 1 juta orang antara provinsi, kota, kabupaten, dan nasional.

"Jadi kami harapankan di atas 100 kursi kalau linier. Makanya kali ini, kami buat suaranya linier. Jangan ada DPRD kota/kabupaten yang pilih nasionalnya (DPR RI) di luar partai. Kalau ketahuan, DPRD tingkat dua tidak sama dengan DPRD tingkat 1 dan DPR, ya tidak usah dilantik saja. Karena kita pingin menang. Maka tidak ada alasan lain kalau kita tidak linier," tuturnya. 

Berdasarkan lembaga survei, kata Airlangga, pendukung Partai Golkar yang memilih Prabowo, telah 70 persen. Targetnya, ditingkatkan menjadi 80 persen agar Pilpres 2024 satu putaran dengan kemenangan Prabowo-Gibran. 

"Ini ditujukan bukan hanya kepada pengurus dan kader, tetapi juga pemilih Partai Golkar. Saya minta 80 persen pilih Pak Prabowo-Gibran," ucap Airlangga. 

"Jadi kita harus betul-betul kuasai pemilu yang tinggal beberapa hari ke depan. Kenapa penting untuk menangkan paslon ini (Prabowo-Gibran), tentu karena kita ingin melanjutkan pembangunan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Airlangga mengungkap hasil pembanguan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 10 tahun terakhir. Dia mencontohkan jarak tempuh Jakarta-Cirebon jika belum ada jalan tol, 4 sampai 5 jam. Tapi dengan jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) hanya 2,5 jam. 

Kemudian, di Jawa Barat ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan waktu tempuh 25 menit. Kemudian jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuran (Cisumdawu).

"Kami juga melihat, pengembangan perekonomian ke depan, Cirebon akan menjadi sebuah hub pembangunan tersendiri," tutur Airlangga.

Airlangga mengatakan, bersama rombongan meninjau Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang. Keberadaan pelabuhan itu untuk menunjang pengembangan kawasan Rebana yang meliputi Cirebon, Subang, Majalengka, dan sekitarnya. 

"Dengan Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, dan jalan Tol Cipali, maka tidak ada alasan daerah ini tidak semakin berkembang dan maju. Karena itu, pembangunan ini wajib hukumnya untuk dilanjutkan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga meninjau Pantai Eretan, Indramayu yang terdampak banjir rob. Untuk mengatasi banjir rob itu, pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp56 miliar-Rp60 miliar untuk membangun tanggul penahan gelombang. Ini menjadi cara pemerintah untuk melindungi masyarakat. 

"Di sepanjang pantai utara Jawa yang terancam oleh banjir rob ada 55 juta warga. Sedangkan di Desa Eretan sekitar 20.000. Kami juga meninjau pelelangan ikan. Kami melihat ancaman climate change real ada di lapangan," ujar Airlangga.

Karena itu, tutur dia, Partai Golkar ke depan, ikut berjuang agar the great giant wall di sepanjang utara Jawa bisa dibangun. "Kami tidak ingin 55 juta warga pantai utara Jawa terganggu. Dengan tanggul ini, kami berharap kehidupan masyarakat terjaga. Karena itu, dalam proyek strategis nasional secara tahapan sudah dimulai. Sebab, pertumbuhan ekonomi di wilayah utara ini menjadi penting. Utara Jawa adalah aset nasional, koridor utara Jawa," tuturnya.

Sebelum berpidato, Airlangga mengajak para caleg dan kader yang hadir untuk menerikan yel-yel. Airlangga meneriakkan kata, Indonesia! 

Kemudian dijawab "Golkar!" oleh para kader. Selanjutnya, saat Airlangga meneriakkan Partai Golkar. Kader meneriakkan, "Menang! Menang! Menang!" Sedangkan saat Airlangga meneriakkan Golkar Jabar! Kader berseru, "Menang! Menang! Menang! Juara".

Begitu juga saat Airlangga menyebut nama "Prabowo", dijawab "Presiden! oleh kader. 

Saat Airlangga menyerukan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran! Seluruh kader serentak berseru, "Menang satu putaran!"

Tokoh yang hadir dalam acara itu, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono, Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus, Ketua DPD Partai Golkar Jabar Ace Hasan Syadzily, pengurus DPP Partai Golkar Rizal Mallarangeng, Agus Silaban, Ipang Wahid, Dave Laksono.

Kemudian, Sekretaris DPD  DPD Partai Golkar Jabar MQ Iswara, Bendahara Metty Triantika dan Ketua Harian Daniel Mutaqien. Tampak pula tokoh lain, seperti, Yuddy Chrisnandi dan Bambang Hermanto, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cirebon Teguh Rusiana Merdeka, Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon Andrie Sulistio, serta  Ketua DPD Partai Golkar Indramayu Syaefudin.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut