get app
inews
Aa Read Next : UPI Bandung Suarakan Petisi Bumi Siliwangi Kritik Jokowi: Cawe-cawe Politik Rusak Bingkai Kebangsaan

5 Poin Lengkap Petisi Bumi Siliwangi Disuarakan UPI Bandung

Senin, 05 Februari 2024 | 14:54 WIB
header img
Ratusan sivitas akademika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung melontarkan kritik pedas terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Petisi Bumi Siliwangi. Foto: Dok

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ratusan sivitas akademika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung melontarkan kritik pedas terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Petisi Bumi Siliwangi. Mereka menilai Jokowi telah menggerus nilai demokrasi dan merusak bingkai kebangsaan dengan mencampuri politik dan kekuasaan dalam Pemilu 2024.

Petisi ini dibacakan dengan lantang di hadapan sivitas akademika di Taman Partere, Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung. Guru besar, dosen, mahasiswa, dan alumni UPI kompak menyatakan keprihatinan atas kondisi kebangsaan yang kian memprihatinkan.

Guru Besar UPI Cecep Darmawan, salah satu pembacara petisi, menegaskan bahwa tindakan Jokowi menunjukkan degradasi etika, nilai, dan moral dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara.

Berikut Petisi Bumi Siliwangi Sivitas Akademika UPI berisikan 5 poin: 

1. Mendesak Presiden Republik Indonesia agar mencabut pernyataan yang menunjukkan keberpihakannya dan keterlibatannya dalam kampanye politik pada pemilu 2024. 

2. Meminta Presiden Republik Indonesia agar bersikap dan bertindak sebagai negarawan yang menjunjung tinggi nilai, moral, dan etika kebangsaan berdasarkan Pancasila serta mengingat kembali sumpah dan janjinya sebagai Presiden Republik Indonesia sebagaimana amanat konstitusi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

3. Meminta seluruh lembaga negara dan para pejabat publik agar komitmen untuk menegakkan etika Kehidupan Berbangsa sebagaimana diatur dalam Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut