get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Belum Putuskan Langkah Politiknya, Ini Perjalanan Ridwan Kamil sampai Jadi Gubernur

Kamis, 15 Februari 2024 | 20:30 WIB
header img
Mantan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil . Foto: Twitter/@ridwankamil

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Nama mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil masih menjadi perbincangan hangat publik hingga saat ini. Banyak dari mereka yang menerka-nerka terkait langkah politiknya pada Pilkada 2024 yang akan datang.

Sebab, tak sedikit dari masyarakat khususnya mereka yang tinggal di Jawa Barat berharap, suami dari Atalia Praratya tersebut untuk kembali memimpi Jabar di periode kedua.

Meski begitu, Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jabar itu, belum memutuskan langkah politiknya kedepan.

“Pilihan saya memang tiga ya, antara menteri, Gubernur DKI dan Gubernur Jabar,” ucap Ridwan Kamil, Kamis (15/2/2024).

Ridwan Kamil merasa, pilihannya lebih condong untuk maju kembali sebagai Gubernur Jawa Barat periode dua.

"Kalau hati cenderung mungkin melanjutkan Jabar jilid dua," ungkapnya.

Sambil menunggu langkah pasti politiknya, yuk mengenal lagi profil dan perjalanan politik Ridwan Kamil yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Profil Ridwan Kamil

Ridwan Kamil lahir di Bandung pada 4 Oktober 1971. Ridwan Kamil adalah putra dari pasangan Dr. Atje Misbach, S.H dan Dra. Tjutju Sukaesih. Dia anak kedua dari lima bersaudara. 

Ridwan Kamil menghabiskan masa sekolahnya di Bandung. Ia sekolah di SDN Banjarsari III, SMPN 2, SMAN 3, dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia resmi mendapat gelar insinyur pada usia 24 tahun dari jurusan arsitek ITB.

Selanjutnya, Ridwan Kamil meneruskan kuliah S2 ke University of California, Berkeley, Amerika Serikat, dengan bantuan beasiswa untuk menopang kuliahnya.

Pada tahun 2004, Ridwan Kamil mendirikan Urbane, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitek, dan desain. 

Selain itu, karier Ridwan Kamil juga sebagai seorang dosen di ITB. Selain karier dan namanya makin dikenal publik Bandung, ia memiliki kepedulian yang kuat akan kemajuan Kota Bandung.

Perjalanan Politik

Pada tahun 2013, Ridwan Kamil bertarung di Pilkada Kota Bandung berpasangan dengan Oded Muhammad Danial yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS. Dia terpilih menjadi Wali Kota Bandung 2013-2018.

Ridwan Kamil selalu berinovasi pada tugasnya. Saat menjadi wali kota, Ridwan Kamil banyak melakukan program-program pro rakyat dan membesarkan kembali nama Bandung di kancah internasional.

Puncaknya, saat Kota Bandung berhasil menjadi tuan rumah Konferance Asia Africa (KAA) tidak lepas dari sentuhan Ridwan Kamil.

Pada Pilgub Jabar 2018, Ridwan Kamil maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum. Berbekal kemampuannya memimpin Kota Bandung, dan terpilih menjadi Gubernur Jabar periode 2018-2023.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut