get app
inews
Aa Read Next : Kuota Sudah Terpenuhi, Kemenag Imbau Jangan Tertipu Tawaran Visa Non Haji

Kemenag Gandeng Lifebuoy Latih Santri Ponpes Mathla’ul Huda Bandung Hidup Bersih dan Sehat

Rabu, 21 Februari 2024 | 06:38 WIB
header img
Lifebuoy menggelar pelatihan PHBS di Ponpes Mathla'ul Huda Bandung. (FOTO: ISTIMEWA)

"Jadi, ada kemampuan dalam bidang ilmu, juga fisik kuat dan sehat. Ada anjuran dalam agama Islam, kebiasaan mandi akan membuat tubuh lebih sehat dan terjaga dari kuman penyakit, termasuk rajin mencuci tangan pakai sabun,” kata Pimpinan Ponpes Ponpes Mathla'ul Huda Bandung.

KH Miftahul Khoer menyatakan, salah satu langkah utama dari PHBS penting untuk diimplementasikan di pesantren adalah gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di 5 momen penting, yakni, sebelum makan, setelah dari toilet, seusai bermain, batuk atau bersin, dan bepergian. Jika dibiasakan, CTPS di 5 momen penting itu akan mampu melindungi para santri/santriwati dari berbagai penyakit.

"Bahkan menurut teori Swiss Cheese Model for Infectious Disease, kebiasaan CTPS menjadi langkah pertama untuk melindungi diri dari ancaman penyakit infeksi, setelah vaksin. Sementara, menilik pada data BPS, di Kota Bandung, hanya 46,9 persen yang mempunyai kebiasaan CTPS dari total populasi. Sehingga, kebiasaan CTPS perlu ditingkatkan di masyarakat Kota Bandung," ujar KH Miftahul Khoer.

Sementara itu, Head of Skin Cleansing Unilever Indonesia Erfan Hidayat mengatakan, Lifebuoy berperan dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan di pesantren dengan mencetak Duta Santri sebagai peer educator dari program peer-to-peer learning.

“Sejak 2019, program Pesantren Sehat Lifebuoy telah menjangkau lebih dari 2.000 pesantren dan memberikan manfaat bagi lebih dari 900.000 santri/santriwati di Indonesia. Tahun ini program Pesantren Sehat Lifebuoy hadir di Jakarta dengan tujuan memberikan dampak lebih luas melalui sejumlah rangkaian kegiatan mulai dari peer-to-peer learning, training for trainers (kepada santri, ustaz, dan ustazah), edukasi CTPS yang baik dan benar, hingga pemeriksaan kesehatan," kata Erfan Hidayat. 

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut