get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Bandung Diprediksi Hujan Lebat, Ini Dia Tips Untuk Menghadapinya

Ungkap Penyebab Gempa Bumi di Banten, BMKG Imbau Masyarakat untuk Tidak Panik

Senin, 26 Februari 2024 | 09:00 WIB
header img
Gempa bumi magnitudo 5,7 yang mengguncang wilayah Banten dan sekitarnya pada Minggu (25/2/2024) pukul 20.07 WIB. Foto: X @infoBMKG

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ungkap penyebab terjadinya gempa bumi magnitudo 5,7 yang mengguncang wilayah Banten dan sekitarnya pada Minggu (25/2/2024) pukul 20.07 WIB.

Dalam keterangan resminya, BMKG menyebutkan, bencana gempa bumi tersebut disebabkan oleh Endapan Kuarter dan batuan berumur Tersier yang mengalami pelapukan yang bersifat urai, lunak, lepas, belum kompak. Sehingga hal tersebut memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi. 

“Berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi yang berada di koordinat 105,925 BT dan 7,362 LS, kedalaman dan data mekanisme sumber dari BMKG, maka kejadian gempa bumi tersebut diakibatkan oleh aktivitas zona penunjaman dengan mekanisme sesar naik berarah relatif barat laut-tenggara,” tulis BMKG dalam keterangan resmi, dikutip Senin (26/2/2024).

Meski begitu, BMKG memastikan gempa bumi tersebut tidak menyebabkan deformasi bawah laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

“Kejadian gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami meskipun lokasi pusat gempa bumi terletak di laut,” lanjut keterangan tersebut.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut