get app
inews
Aa Read Next : Jaga Kolesterol di Momen Lebaran dengan Konsumsi 3 Buah Ini 

5 Buah Menyehatkan yang Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Kamis, 07 Maret 2024 | 17:46 WIB
header img
Kurma. (Foto: net)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Selain minuman manis yang menyegarkan, buah-buahan juga harus menjadi konsumsi utama saat berbuka puasa untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Dikutip dari Kemenkes, buah mengandung gula alami yang dapat diolah tubuh menjadi energi. Selain itu, konsumsi buah untuk berbuka puasa juga dapat meningkatkan tubuh secara keseluruhan.

Untuk itu, berikut 5 buah yang segar dan menyehatkan untuk buka puasa.

1. Kurma

Memakan buah kurma merupakan salah satu sunnah Rasulullah, bukan tanpa alasan, karena faktanya kurma adalah buah yang tinggi kalori, sehingga mengkonsumsi buah ini bisa memberikan energi setelah berbuka puasa.

Meski memiliki rasa yang sangat manis Indeks glikemik kurma cukuplah rendah, sehingga buah ini aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk penderita diabetes.

2. Semangka

Kandungan air yang banyak dalam semangka data menyegarkan dan menghilangkan dahaga. Selain menyegarkan, kandungan air pada buah ini bisa membantu mencegah dehidrasi dan bisa melancarkan saluran pencernaan selama bulan puasa.

3. Mangga

Buah ini mengandung vitamin yang cukup lengkap, yaitu vitamin A, B6, C, E, dan K. Mangga juga mengandung kalium dan magnesium yang bermanfaat membuat tubuh berenergi dan menyeimbangkan elektrolit.

4. Anggur

Anggur juga memiliki rasa yang segar dan manis, selain menyegarkan, buah ini kaya akan serat dan kandungan air. Dengan begitu, konsumsinya dapat mencegah sembelit dan menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

5. Apel

Jika berbuka dengan apel, kandungan dalam buah tersebut bisa membantu sistem pencernaan. Hal ini disebabkan kandungan serat yang tinggi pada apel, sehingga sistem pencernaan lebih sehat.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut