get app
inews
Aa Read Next : Menag Pastikan Jemaah Haji Dapat Makanan Cita Rasa Nusantara Selama di Madinah

6 Makanan Ramadan Terbaik bagi Penderita Darah Rendah

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:53 WIB
header img
6 Makanan Ramadan Terbaik bagi Penderita Darah Rendah. (Foto: Rachael Gorjestani on Unsplash)

4. Protein Nabati

Kacang-kacangan (seperti almond, kacang tanah) dan biji-bijian (seperti quinoa, bulgur) adalah sumber protein nabati yang baik. Protein nabati membantu memberikan energi yang stabil dan memperbaiki kadar gula darah.

5. Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan pasta gandum utuh memberikan energi yang bertahan lama dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

6. Sup Sayuran

Sup sayuran yang kaya akan nutrisi adalah pilihan yang baik karena mudah dicerna dan memberikan cairan tambahan. Hindari Makanan dan Minuman yang Tidak Dianjurkan

1. Makanan dan Minuman Berkafein: Kafein dapat memiliki efek diuretik yang dapat menyebabkan kehilangan cairan dan penurunan tekanan darah.

2. Makanan dan Minuman Berlemak Tinggi: Makanan berlemak tinggi bisa sulit dicerna dan dapat menyebabkan penurunan tekanan darah.

3. Makanan dan Minuman Berasam: Makanan dan minuman yang asam dapat mengganggu keseimbangan pH dalam tubuh dan mempengaruhi kadar gula darah.

Memilih makanan yang tepat saat berbuka puasa sangat penting bagi pengidap darah rendah. Mengutamakan makanan yang kaya akan nutrisi, rendah gula tambahan, dan tinggi serat dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dan memastikan bahwa proses berpuasa Ramadan berjalan lancar dan nyaman. 

Semoga dengan memilih makanan yang tepat, para pengidap darah rendah dapat merasakan manfaat berpuasa tanpa mengorbankan kesehatan mereka. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut