get app
inews
Aa Read Next : Walhi Jabar Sesalkan Pemerintah Tak Berlakukan Perda KBU

Walhi Jabar Minta Pemerintah Hentikan Izin Pembangunan yang Rusak Fungsi Konservasi di KBB

Senin, 25 Maret 2024 | 19:04 WIB
header img
Lokasi bencana longsor Cipongkor. (FOTO: DOK/iNews.id)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Direktur Eksekutif Walhi Jawa Barat (Jabar) Wahyudin Iwang meminta pemerintah untuk menghentikan izin pembangunan di kawasan Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang dinilai telah menjadikan kondisi alam semakin buruk.

Iwang mengatakan, pemerintah harus memiliki keberanian menertibkan kegiatan-kegiatan yang bersifat memiliki fungsi konservasi.

“Walhi kini memiliki concern bagaimana pemerintah berani menertibkan kegiatan yang memiliki fungsi resapan air yang cukup baik yang memiliki fungsi ekologis yang baik. Itu harus menjadi salah satu kewajiban pemerintah kota kabupaten serta provinsi,” tegasnya.

Ia meminta, pemerintah tidak lagi memberikan izin pembangunan di kawasan KBB, dan mulai melakukan reforestasi.

“Mulai hentikan izin-izin baru untuk kawasan KBB, harusnya kawasan yang berubah secara signifikan mengalami degradasi oleh kegiatan property dan wisata alam itu mulai di reforestasi mulai dihutankan kembali, sehingga fungsi konservasi dan fungsi resapan itu kembali normal,” tegasnya.

Iwang juga menyoroti kinerja Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin yang menurutnya tak memberikan solusi konkret setelah melihat kondisi Jabar semakin buruk.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut