get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Bandung Diprediksi Hujan Lebat, Ini Dia Tips Untuk Menghadapinya

BMKG Sebut Juni dan Agustus 2023 Bulan Terpanas dalam Sejarah

Senin, 01 April 2024 | 18:48 WIB
header img
Ilustrasi cuaca panas. Foto: Istockphoto

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Meteorologi, klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan ada beberapa dampak variabilitas dan perubahan iklim yang seringkali dirasakan pada sumber daya air.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, dinamika siklus air dan interaksinya dengan manusia akan mengakibatkan bervariasinya pola spatio temporal. 

"Spatio itu dalam konteks ruang, temporap dalam konteks waktu jadi dampak dari variasi dan perubahan iklim ini akan berdampak pada variasi pola spatio temporal ketersediaan sumber daya air," ucap Dwikorita dalam Konferensi Pers Road to 10th World Water Forum, Senin (1/4/2024).

Dwikorita mengatakan, dampak lainnya yakni dapat mengakibatkan kejadian ekstrem yang hingga saat ini sudah terjadi berkali kali, tidak hanya di Indonesia tapi hampir merata di seluruh dunia.

"Kejadian ekstrem yang berhubungan dengan sumber daya air tentunya sangat mempengaruhi kehidupan pembangunan dan berkelanjutan ekosistem baik masyarakat secara komunitas maupun individu," ungkapnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut