get app
inews
Aa Read Next : Masyarakat Diimbau Aktif Memilah Sampah Mulai Dari Rumah

Sekda Jabar Pastikan Sampah Bandung Raya Terkelola Baik Selama Libur Lebaran

Selasa, 16 April 2024 | 19:35 WIB
header img
Sekda Jawa Barat, Herman Suryatman. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Herman Suryatman memastikan, pengelolaan sampah di Bandung Raya pada masa libur Lebaran 2024 terkelola dengan baik.

Herman mengatakan, pengelolaan sampah ini bekerja sama dengan kabupaten dan kota yang ada di area Bandung Raya. Mulai dari Pemkot Bandung, Pemkab Bandung, Pemkab Bandung Barat, Pemkot Cimahi, termasuk Pemkab Sumedang.

"Kami sudah membangun agreement untuk sama-sama mengelola sampah dengan baik dan tentu pemerintah provinsi memonitor dan memantau, apabila ada kesulitan, kami siap turun ke lapangan," ucap Herman ditemui usai meninjau kawasan Masjid Al Jabbar, Selasa (16/4/2024).

"Jadi untuk pengelolaan sampah di area Bandung Raya sampai hari ini alhamdulillah beberapa tempat pembuangan sampah berjalan cukup baik, termasuk yang besar ini TPA Sarimukti, itu sudah efektif hari kedua lebaran," tambahnya.

Herman mengaku, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait adanya penumpukan sampah di satu wilayah.

"Sampai hari ini kami tidak mendapatkan laporan adanya penumpukan sampah di tempat-tempat tertentu. Artinya, overall pengelolaan sampah di Bandung Raya aman," ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan peninjauan ke lapangan termasuk mengunjungi TPA Sarimukti.

"Tapi kami tidak mau mengambil resiko, kami akan check langsung ke lapangan juga sekarang, bagaimana kondisi pengelolaan sampah di TPA Sarimukti hari ini," imbuhnya.

Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, kata Herman, pihaknya berterima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah bekerja sama dalam pengelolaan sampah khususnya saat masa libur Lebaran 2024.

"Kami Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas nama Pak Gubernur menyampaikan terima kasih kepada pak bupati dan wali kota di 5 kabupaten/kota wilayah Bandung Raya yang sudah bahu-membahu untuk mengelola sampah, karena kalau mengandalkan salah satu aja berat, harus gotong royong, harus saling menguatkan dan pemprov tentu bagian di dalamnya," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut