get app
inews
Aa Read Next : Jalan Simpang Gedebage Selatan Menuju Masjid Raya Al-Jabbar Resmi Difungsikan

Berusia Satu Abad Lebih, Bioskop De Majestic Masih Kokoh di Tengah Gemerlap Kota Bandung

Rabu, 24 April 2024 | 13:15 WIB
header img
Bangunan sejarah, De Majestic Kota Bandung. Foto: Instagram @muhamadzakariajack.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Selain kuliner dan tempat wisata yang menyita perhatian wisatawan, bangunan sejarah di Kota Bandung juga tak kalah unik dan penuh cerita.

Salah satunya bangunan De Majestic yang berada di Jalan Braga Kota Bandung. De Majestic merupakan gedung seni berusia tua yang masih kokoh dan digunakan hingga saat ini.

Di tengah gemerlapnya Kota Bandung khususnya Jalan Braga yang selalu dipenuhi para wisatawan, bangunan De Majestic masih menyorot perhatian dengan gaya neo-klasiknya.

Dibangun pada tahun 1925, De Majestic pertama kali dikenal dengan nama Concordia sebelum berganti menjadi New Majestic. 

Gedung ini awalnya didirikan selama masa Penjajahan Belanda sebagai pusat hiburan di Bandung.

Perancang bangunan ini adalah Charles Prosper Wolff Schoemaker. Ketika itu, De Majestic menjadi tempat singgah populer bagi warga Belanda untuk bersantai dan menonton film.

Bahkan, De Majestic juga memainkan peran penting sebagai bioskop pertama yang memutar film Indonesia pertama, Loetoeng Kasaroeng. 

Berbeda dengan bioskop modern, De Majestic memiliki aturan khusus, yakni para penonton harus berpakaian rapi dan duduk terpisah antara pria dan wanita.

Meskipun usianya telah mencapai 100 tahun lebih, De Majestic Bandung masih tetap menjaga eksistensinya dengan megah. 

Setelah mengalami berbagai perubahan kepemilikan dan peran, bangunan ini kini diurus oleh pemerintah daerah setempat untuk memastikan warisan budaya dan sejarahnya tetap terjaga. Kini De Majestic dimanfaatkan sebagai pusat kebudayaan dan hiburan. 

Tidak hanya bioskop, bangunan ini telah menjadi tempat berbagai acara seni, konser musik, pertunjukan teater, dan pameran budaya. 

Melalui peran barunya ini, De Majestic terus menyatu dengan kehidupan masyarakat modern sambil mempertahankan jejak sejarah yang tak tergantikan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut