get app
inews
Aa Read Next : Aktivitas Akhir Pekan Ala Agus Mulyana

Menyimak Perspektif Agus Mulyana tentang Generasi Sandwich: Penengah antara Dua Generasi

Rabu, 08 Mei 2024 | 20:43 WIB
header img
Agus Mulyana. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Pada Selasa (23/4/2024) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperingatkan ibu rumah tangga agar tidak menciptakan Generasi Sandwich dengan menempatkan beban finansial pada anak-anak mereka untuk menopang kehidupan pensiun mereka.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi. Lalu apa sebenarnya generasi sandwich?

Menurut Agus Mulyana, seorang profesional di bidang perbankan dan Komisaris di Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR) Generasi sandwich adalah istilah yang merujuk pada generasi muda yang cenderung mengutamakan gaya hidup yang santai, fleksibel, dan lebih memperhatikan keseimbangan antara karier dan kehidupan non-profesional.

“Istilah ini muncul dari gabungan kata "senior" dan "sandwich", yang menggambarkan posisi mereka di antara generasi sebelumnya dan generasi mendatang,” ucap Agus Mulyana, Rabu.

Agus mengungkapkan generasi sandwich memiliki sifat-sifat tertentu yang mencerminkan pengalaman hidup mereka yang unik dengan menghadapi generasi yang lebih tua dan lebih muda. Beberapa karakter dan sifat yang umumnya terkait dengan generasi ini meliputi:

Fleksibilitas: Mereka cenderung fleksibel dalam memanage waktu dan tugas, karena mereka sering menghadapi tekanan dari dua arah: tanggung jawab terhadap orang tua yang membutuhkan perawatan, serta tanggung jawab terhadap anak-anak atau keluarga muda mereka sendiri.

Kemandirian: Karena harus menangani berbagai tanggung jawab keluarga dan pekerjaan, generasi sandwich sering kali memiliki kemampuan yang kuat dalam mengambil keputusan dan bertindak secara mandiri.

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut