get app
inews
Aa Read Next : Erupsi Lagi, Abu Gunung Ibu di Halmahera Barat Setinggi 5.000 Meter

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Warga Diimbau Jauhi Radius 4 Km

Senin, 13 Mei 2024 | 15:44 WIB
header img
Gunung Ruang. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Ruang dari level IV atau Awas menjadi level III atau Siaga. Status itu terhitung mulai Senin (13/5/2024).

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan mengatakan, penurunan status dari level IV menjadi level ini didasari oleh beberapa hal. Pertama, kegempaan vulkanik Gunung Ruang cenderung rendah dan lebih didominasi oleh gempa tektonik.

Menurutnya, hal ini diperkirakan merupakan pengaruh dari Subduksi Sulawesi Utara dan Subduksi Ganda di Laut Maluku. Aktivitas vulkanik Gunung Ruang pada 15-17 April 2024 terjadi eskalasi pemunculan Gempa Vulkanik Dalam (VTA) pasca Gempa Tektonik 9 April 2024 dan 14 April 2024.

"Kedua gempa tektonik tersebut terasa dengan skala IMMI dan diperkirakan berkaitan dengan aktivitas Subduksi Ganda di Laut Maluku," ucap Hendra dalam keterangannya.

Hendra menyebut, kemunculan Gempa Vulkanik Dalam (VTA) biasanya berkaitan dengan migrasi magma dari kedalaman dalam ke permukaan. Pada 16 April pukul 10.00 WITA tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level I atau Normal ke Level II atau Waspada.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut