get app
inews
Aa Read Next : Digitalisasi Pertanggungjawaban Pilkada 2024: KPU Jabar Kenalkan Aplikasi SITAB dan SIRAMAH

KPU Luncurkan Sili dan Wangi, Maskot untuk Pilgub Jabar 2024

Senin, 27 Mei 2024 | 22:30 WIB
header img
KPU Luncurkan Sili dan Wangi, Maskot untuk Pilgub Jabar 2024. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat resmi meluncurkan maskot dan jingle untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024. Maskot yang diluncurkan yakni Sili dan Wangi.

Maskot dan jingle ini dirilis dalam acara 'Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2024' di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Kota Bandung, Senin (27/5/2024).

Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni mengatakan, maskot Sili dan Wangi ini merupakan perpaduan dari Siliwangi, yakni harimau asli dari Jabar.

"Kami ingin menunjukan bagaimana kegagahan, kekuatan, keramah-tamahan dari masyarakat Jawa Barat," ucap Ummi.

Ummi mengatakan, pihaknya ingin mengembalikan budaya demokrasi di Jabar yakni saling asah, saling asih, dan saling asuh sesuai dengan tema 'Pilgub Jabar Sebagai Inisiasi Budaya Demokrasi di Jawa Barat'.

"Saling menghargai di dalam perbedaan, saling menyayangi membawa Pilkada Jawa Barat untuk secara riang gembira, sesuai dengan tagline Pilkada Jabar 2024 Gemilang (Gembira memilih langsung)," katanya.

Ummi pun mengapresi sejumlah pihak yang turut menyukseskan Pemilu 2024. Sebab menurutnya, tanpa adanya kerja sama dan sinergi multi pihak akan sangat sulit mengelola provinsi dengan jumlah DPT terbesar di Indonesia.

"Alhamdulillah, tingkat partisipasi Pemilu 2024 naik, dibanding 2019. Ini adalah bentuk support yang sangat luar biasa terhadap KPU Provinsi Jawa Barat, pelaksanaan partisipasi Pemilu 2024 kemarin naik 2 persen menjadi 82,3 persen yang sebelumnya 79,8 persen," tuturnya.

Karena itu, Ummi pun berharap kerja sama dan sinergi yang sama akan terjalin pada Pilkada 2024 pada November mendatang.

"Kami juga memohon sinergi dan support dalam pelaksanaan Pilkada 2024," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengatakan, Pilgub Jabar bukan sekedar pergantian pemimpin. Namun sarana memperkuat komitmen terhadap demokrasi, transparansi dan partisipasi masyarakat. 

"Tentunya kita tahu bahwa pemilihan umum adalah wujud kedaulatan rakyat, dimana setiap warga negara berhak memilih pemimpin yang membawa perubahan positif dan kemajuan," ucap Bey.

Bey juga mengingatkan, sektor keamanan, ketertiban dan situasi kondusif harus diutamakan saat Pilgub Jabar berlangsung.

"Saya mengajak masyarakat, penyelenggara pemilihan dan juga Polri/TNI dan BIN untuk menjaga situasi ini, serta menghindari provokasi, kekerasan dan kecurangan," katanya.

Selain itu, netralitas ASN juga tak kalah penting. Bey mengatakan, aparat pemerintah harus netral, profesional, adil dan tidak memihak kepada salah satu paslon.

Bey juga mengajak kepada masyarakat Jabar untuk menggunakan hak pilihnya secara bijak.

"Partisipasi aktif sangat penting untuk menentukan masa depan Jawa Barat. Saya juga mengajak semua pihak yang terlibat, termasuk KPU, Bawaslu dan masyarakat luas untuk bersama-sama mengawasi Pemilihan agar berjalan transparan dan akuntabel," jelasnya.

Bey juga meminta kepada seluruh kontestan Pilgub Jabar beserta tim suksesnya untuk bersaing secara sehat, menjunjung tinggi etika dan norma dalam berkampanye serta memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

"Biarlah masyarakat memilih berdasarkan program dan visi-misi yang ditawarkan, bukan karena hasutan atau berita bohong," pintanya.

Menurutnya, dengan peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2024 menandai langkah awal penting dalam menentukan pemimpin berikutnya. 

"Kita berharap momen ini menghidupkan kembali budaya sebagai bagian penting dari nilai-nilai demokrasi. Budaya silih asah, silih asih dan silih asuh, sesuai dengan nilai demokrasi yang menghargai hak orang lain," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut