get app
inews
Aa Read Next : Taufiq Rahman Hakim Siap Bawa Generasi Muda yang Unggul

Gerindra Beri Rekomendasi Ridwan Kamil Maju Pilgub Jakarta, Pengamat: Berpotensi Menang

Selasa, 04 Juni 2024 | 20:01 WIB
header img
Ridwan Kamil. (Foto: Biro Adpim Jabar)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran, Firman Manan menilai, rekomendasi yang dikeluarkan oleh Partai Gerindra menjadi modal penting untuk Ridwan Kamil maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

"Tentu ini bisa menjadi modal untuk Kang Emil, kalau memang akhirnya maju di Pilkada DKI," ucap Firman saat dihubungi, Selasa (4/6/2024).

Meski begitu, sebagai kader Partai Golkar, Ridwan Kamil sejauh ini telah mengantongi dua rekomendasi untuk maju di dua provinsi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti yakni Jawa Barat dan Jakarta.

"Jadi yang perlu ditunggu memang bagaimana respons dari Partai Golkar, termasuk apakah nantinya Partai Golkar akan memberikan rekomendasi Kang Emil di DKI, karena kan tetap partai asalnya Kang Emil kan Partai Golkar," katanya.

Terkait peluang menang, Firman menilai jika nama Ridwan Kamil memiliki elektabilitas cukup tinggi dalam beberapa survei di Pilgub Jakarta.

Bahkan, Ridwan Kamil pun mampu bersaing dengan nama-nama seperti Anies Baswedan hingga Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Beberapa survei di Pilgub DKI itu cukup baik Kang Emil, sehingga elektabilitasnya cukupnya tinggi. Baik seperti Mas Anies, Pak Ahok, nama Kang Emil juga muncul," ungkapnya.

Sehingga, andaikan Ridwan Kamil sudah dipastikan maju di Pilgub Jakarta, maka dirinya akan menjadi salah satu kandidat potensial bahkan berpotensi untuk menang.

"Bagaimanapun secara popularitas Kang Emil itu popularitasnya sudah di level nasional juga, jadi bukan tidak mungkin kalau pun maju di Pilgub DKI dia menjadi salah satu kandidat yang potensial, dan berpotensi untuk menang," tuturnya.

Meskipun, lanjut Firman, hal itu perlu dilihat dari siapa yang nantinya akan menjadi pesaing Ridwan Kamil.

"Walaupun tentu harus dilihat juga nanti siapa kompetitor-kompetitornya, dan kalau bicara peluang di Jawa Barat ya tentu peluang di Jabar lebih besar karena beliau kan sebagai mantan gubernur di Jawa Barat," tandasnya.

Untuk diketahui, Partai Gerindra telah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub Jakarta. Hal itu disampaikan langsung Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

"Soal posisi Kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Dasco pun meyakini, jika Golkar nantinya akan memberikan rekomendasi akhir kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub Jakarta. Dia yakin Golkar dan Gerindra tidak akan berbeda sikap soal Ridwan Kamil.

"Saya rasa bukan (berbeda) ya, bukan berbeda, tapi pasti akan sama, bahwa RK akan direkomendasi maju di DKI Jakarta," imbuhnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut