get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dilantik, Dharmawan Akui Tugas Berat Pj Sekda Kota Bandung

Gelar Uji Emisi Gratis, Upaya DLH Kota Bandung Jaga Kualiatas Udara

Jum'at, 07 Juni 2024 | 10:50 WIB
header img
Uji Emisi. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung menggelar uji emisi gratis untuk kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat di area parkir Balai Kota Bandung. 

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Fiziarita mengataka, hal ini sebagai upaya mengendalikan kualitas udara di Kota Bandung.

“Fungsi dari uji emisi yaitu untuk melihat apakah polutan yang dikeluarkan oleh kendaraan itu memenuhi baku mutu atau tidak? Apakah bersih atau tidak? Juga untuk menjaga kualitas lingkungan serta udara di Kota Bandung,” ucap Fiziarita, Kamis (6/6/2024).

Selain itu, uji emisi ini juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Menurutnya, uji emisi dilalukan untuk mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, setiap orang yang menghasilkan emisi dari alat transportasi darat berbasis jalan yang telah memasuki masa pakai lebih dari 3 tahun wajib memenuhi baku mutu emisi. Pemenuhan baku mutu emisi ini juga dijadikan sebagai dasar pengenaan tarif pajak kendaraan bermotor.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut