get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Pemulangan Jemaah Haji, Lebih dari 50 Persen Penerbangan Garuda Terlambat

Kemenag Catat Jemaah Safari Wukuf Tahun Ini Menurun Dibanding Musim Haji 2023

Senin, 01 Juli 2024 | 10:00 WIB
header img
Jemaah dalam perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia Makkah. (Foto: Kemenag)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Kementerian Agama (Kemenag) RI mencatat, jemaah yang sakit pada musim haji 2024 mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Ini merupakan dampak positif dari skema murur yang diterapkan.

Anggota Media Center Kemenag RI, Widi Dwinanda mengatakan, pasca Armuzna jumlah jemaah sakit di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) menurun dibanding tahun sebelumnya.

“Kebijakan murur pada pergerakan jemaah saat puncak haji dari Arafah ke Muzdalifah, lalu Mina (Armuza) tahun ini berdampak positif dengan berkurangnya jemaah kelelahan pasca Armuzna dibanding tahun lalu,” ucap Widi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Minggu (30/6/2024).

Widi menjelaskan, murur adalah mabit (bermalam) yang dilakukan dengan cara melintas di Muzdalifah, setelah menjalani wukuf di Arafah. Jemaah saat melewati kawasan Muzdalifah tetap berada di atas bus (tidak turun dari kendaraan), lalu bus langsung membawa mereka menuju tenda Mina.

Selain menurunnya jemaah sakit pasca Armuzna di KKHI, kata Widi, jumlah jemaah haji sakit yang disafari wukufkan tahun ini berjumlah 53 orang.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut