get app
inews
Aa Read Next : Jalankan Strategi Antihoaks demi Pilkada Damai, Kemenkominfo Gandeng Platform Digital Besar

Masyarakat Adat Dayak Kapuas Komitmen Ciptakan Pilkada 2024 Damai Tanpa Isu SARA

Rabu, 10 Juli 2024 | 13:31 WIB
header img
Pilkada Serentak 2024 akan digelar di seluruh provinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia. (FOTO: SINDONews/IST)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Komando Laskar Masyarakat Adat Dayak (Bakormad) Kabupaten Kapuas menggelar Deklarasi Pilkada Damai. Bakormad Kapuasberkomitmen menjaga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kapuas dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) aman dan damai tanpa isu Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA) serta hoaks.

Dalam deklarasi itu Bakormad Kapuas menyerukan empat poin aspirasi, antara lain, pertama, siap menyukseskan pilkada damai di Kabupaten Kapuas dan seluruh Kalteng. Kedua, menolak politisasi tempat ibadah. Ketiga, anti-hoaks, dan isu SARA, serta keempat menolak politik uang.

Ketua Bakormad Kabupaten Kapuas Risben Asmin mengatakan, deklarasi ini bertujuan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban menjelang pilkada pada 27 November 2024.

“Intinya, kami tidak akan terpecah-belah. Pilkada di Kapuas harus berjalan aman dan damai. Tanpa ada isu-isu negatif melalui informasi hoaks yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat,” kata Ketua Bakormad Kapuas, Rabu (10/7/2024).

Risben Asmin menyatakan, deklarasi ini diharapkan menjadi landasan kuat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan keadilan dalam pelaksanaan pilkada mendatang.

“Kami mendukung pihak berwenang memproses secara hukum kepada pihak-pihak yang membuat gaduh saat rangkaian pesta demokrasi berlangsung nantinya,” ujar Risben Asmin.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut