get app
inews
Aa Read Next : Perawat RS Santosa Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Gemparkan Warga Bandung

Masyarakat Adat Jabar Tolak Kehadiran Pengkhianat Konstitusi di Tanah Pasundan

Senin, 06 November 2023 | 13:37 WIB
header img
Masyarakat Adat Jabar Tolak Kehadiran Pengkhianat Konstitusi di Tanah Pasundan. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kelompok Masyarakat Adat di Jawa Barat menggelar aksi ritual atau pertunjukan Tarawangsa yang berlangsung di kawasan kaki Gunung Manglayang, Kabupaten Bandung, Senin (6/11/2023).

Dalam pertunjukan bertajuk "Tarawangsa: Simfoni Kedaulatan Konstitusi di Pegunungan Sunda" ini, ada beberapa adegan yang diperagakan para penari.

Di antaranya tarian Tarawangsa, tarian Nasionalisme, tarian Konstitusi, hingga tarian Pengkhianatan. Para penampil juga terlihat membawa sejumlah poster bergambar para pahlawan nasional serta sebuah keranda mayat.

Ketua Masyarakat Adat Sanaga Kabupaten Tasikmalaya, Jajang Sanaga mengatakan, pertunjukan ini sebagai bentuk protes dari masyarakat adat terhadap kebijakan-kebijakan yang diputuskan pemerintah saat ini.

"Kami datang semua jauh-jauh untuk memberikan sebuah pemahaman dan pemikiran bangsa ini sedang sakit, pemimpin kita sedang sakit keras, kami sebagai warga masyarakat di paling bawah yaitu masyarakat adat yang ada di tanah Jawa Barat merasa terpanggil yaitu untuk menengok pemerintah yang sedang sakit," kata Jajang.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut