get app
inews
Aa Read Next : Ullyses Hardo Sitompul Beberkan Hak Jawab pada Tuduhan Penganiaayan Chandra Limbong

Kuliah Umum di IPDN Jatinangor, Bahlil: Hilirasasi Penting untuk Wujudkan Indonesia Emas

Kamis, 11 Juli 2024 | 15:43 WIB
header img
Menteri Investasi/Kepala BKPM Balil Lahadalia disematkan lencana oleh Rektor IPDN Prof Hadi Prabowo. (FOTO: AGUS WARSUDI)

"Bandaranya akan jadi sebelum 17 Agustus. Kami akan mendarat di bandara. Kemudian jalan tol juga hampir jadi. Ya kita doakan mudah-mudahan tinggal sekitar 10 km. Andaikan pun itu gak selesai, akan keluar di jalan utama dan semuanya sudah aspal. Itu menyangkut infrastruktur persiapan IKN," kata Bahlil seusai memberi kuliah umum di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Sumedang, Kamis (11/7/2024). 

Bahlil menyatakan, investasi di klaster pertama, didominasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). "Di klaster pertama ini adalah semacam kalau istana itu Sarinah-nya lah ya. Sarinah, Menteng. Nah ini semuanya PMDN. Semua investasinya PMDN. Nilai investasinya saya lupa," ujar Bahlil. 

"Tapi yang jelas semua investasi hotel. Kemudian, tempat-tempat, fasilitas umum, restoran, rumah sakit, gedung pertemuan, sarana olahraga, itu semua PMDN," tutur dia.

Alasan PMDN dominan di klaster pertama, tutur Menteri Investasi, sebab klaster pertama adalah klaster inti. Di klaster kedua baru ada investasi asing atau Penanaman Modal Asing (PMA).

"Saya di DPR menyampaikan bahwa untuk pada kluster pertama total semua PMDN, tidak ada PMA. Nanti klaster kedua baru PMA. Kenapa, karena kami ingin klaster pertama sangat strategis harus dimiliki oleh orang Indonesia semua," tutur Menteri Investasi.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut