get app
inews
Aa Read Next : Peresmian iCoach Central Jadi Katalis Pengembangan Intelektual di Indonesia

Hidup Lebih Kreatif dengan Laptop ASUS AI, Usung Teknologi Termutakhir

Kamis, 25 Juli 2024 | 20:27 WIB
header img
ASUS memperkenalkan ASUS AI dalam acara Media dan Blogger Roadshow 2024 di Kota Bandung, Kamis (25/7/2024). (FOTO: AGUS WARSUDI)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - ASUS resmi memperkenalkan ASUS AI, lini produk laptop yang dibekali hardware dan fitur berbasis teknologi Artifisial Intelligence (AI). Tiga tipe laptop berbasis AI diperkenalkan ASUS dalam acara Media dan Blogger Roadshow 2024 di Kota Bandung, Kamis (25/7/2024).

Hadir sebagai pembicara dalam acara itu, Head of Public Relations ASUS Indonesia Muhammad Firman dan Consumer Product Marketing ASUS Indonesia Daniel Naftali.

Firman mengatakan, ASUS AI solusi dan mempermudah masyarakat Indonesia dalam memilih laptop AI. 

"Laptop dengan logo ASUS AI dibekali software dan hardware berbasis teknologi AI. Laptop ini hadir dengan Neural Processing Unit (NPU) atau chip khusus yang membuat pemrosesan AI menjadi jauh lebih efisien," kata Firman. 

ASUS AI, ujar Firman, hadir dengan sistem operasi Windows 11 Home dan berfitur Copilot untuk mendukung AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas pengguna dengan bantuan kecerdasan buatan dan menyediakan jawaban relevan.

"ASUS AI hadir sebagai solusi sekaligus standar laptop AI. Memilih laptop dengan logo ASUS AI berarti memilih laptop AI sebenarnya," ujar Firman.

Menurut Firman, terdapat tiga kategori pengguna AI. Pertama, everyday AI, artinya, pengguna teknologi AI harian yang membutuhkan fitur-fitur sederhana. Kemudian, kedua, next level, mereka yang membutuhkan teknologi AI untuk keperluan profesional pekerjaan. 

"Ketiga, advanced AI, mereka yang membutuhkan AI yang lebih lengkap dan canggih," tuturnya. 

Consumer Product Marketing ASUS Indonesia Daniel Naftali mengatakan, laptop AI harus memenuhi berbagai persyaratan. Beberapa di antaranya adalah laptop tersebut harus dibekali dengan prosesor yang memiliki NPU. NPU akan membantu pemrosesan AI di laptop menjadi lebih efisien.

Syarat lain, kata Daniel, laptop harus dibekali dengan Windows 11 dan kompatibel dengan fitur Copilot. Dukugan Windows 11 dan Copilot menjadi salah satu basis persyaratan ASUS AI. 

Windows II dan Copilot akan menghadirkan pengalaman penggunaan AI secara maksimal. ASUS juga akan menghadirkan aplikasi dan fitur berbasis AI khusus untuk laptop ASUS AI dalam waktu dekat untuk memperkuat eksosistemnya," kata Daniel.

Daniel menyatakan, terdapat tiga tipe ASUS AI, antara lain ASUS AI Zenbook DUO (UX8406) laptop AI berlayar ganda, Zenbook 14 OLED (UX3405) dan Zenbook 14 OLED (UM3406) laptop AI tipis dan ringan, serta Vivobook S 14 OLED (S5406) dan Vivobook S 14 OLED (M5406) laptop AI terjangkau.

"Semuanya dijamin memiliki persyaratan sebagai laptop AI. Untuk yang membutuhkan laptop AI tipis dan ringan, Anda bisa menggunakan ASUS Zenbook 14 OLED UX3405 (versi Intel) ataupun Zenbook 14 OLED UM3406 (versi AMD)," ujarnya.

Kedua laptop itu, tutur dia, diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H ataupun AMD Ryzen™ 7 8840HS. Kedua laptop menggunakan layar OLED resolusi hingga 3K, RAM hingga 32GB dan storage M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD. Laptop canggih tersebut dipasarkan mulai harga Rp16.799.000.

Sedangkan bagi Anda yang ingin masuk ke industri AI dengan perangkat pendukung lebih terjangkau, Anda bisa memilih ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) ataupun Vivobook S 14 OLED (M5406). 

"Kedua laptop ini diperkuat oleh prosesor hingga Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H ataupun AMD Ryzen™ 7 8840HS dengan TDP yang lebih tinggi yakni hingga 50W. Produk ini juga sudah dipasarkan di harga Rp15.799.000," tutur dia.

Daniel mengatakan, yang bisa dilakukan pengguna dengan laptop ASUS AI adalah membantu melakukan lebih atau doing more dalam setiap pekerjaan. Laptop AI dilengkapi prosesor termutakhir seperti Intel Core Ultra, Intel Arc 5.1 GHz, dan Intel AI Boost, 

Kemudian, untuk tipe Vivobooks S 14 Oled, mengusung prosesor AMD Ryzen 78840HS dan AMD Ryzen AI terbaru. Layar lebih cerah dan radiasi cahaya biru atau blue light diturunkan hingga 70 persen. "Karena itu ASUS AI mengusung moto, experience more, lebih produktif, efisien, dan cepat," ucap Daniel.

Sementara itu, ASUS Southeast Asia Regional Director Jimmy Lin mengatakan, semua laptop yang memiliki logo ASUS AI dipastikan hadir sebagai laptop AI. Sehingga, masyarakat Indonesia tidak akan kesulitan saat mencari laptop AI.

"ASUS AI merupakan bentuk komitmen ASUS dalam menghadirkan inovasi teknologi laptop terdepan. Bahkan hingga saat ini, ASUS merupakan satu-satunya brand laptop yang konsisten menghadirkan jajaran laptop AI dan memiliki portofolio produk paling lengkap,” kata Jimmy.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut