get app
inews
Aa Read Next : Gempa Kabupaten Bandung, BPBD Sumedang Pastikan Wilayahnya Tidak Terdampak

Tren Minuman Manis Kemasan Penyebab Tingginya Angka Gagal Ginjal pada Anak

Rabu, 31 Juli 2024 | 09:44 WIB
header img
Minuman Manis Kemasan. (Foto: Ilustrasi/Caloriesecrets)

"Tren saat ini berhubungan dengan angka gagal ginjal terhadap kalangan anak-anak cukup tinggi. Belum lagi Hemodialisa atau cuci darah di rumah sakit tergolong cukup tinggi dari golongan anak-anak usia dibawah 18 tahun," katanya.

Fenomena tersebut, kata Aan, menunjukkan bahwa hal ini terjadi karena sejak masa kanak-kanak cenderung membiasakan minuman-minuman manis. Berbeda dengan zaman sebelumnya dimana mana anak-anak tergolong sangat jarang minum-minuman kemasan.

"Sekarang air kelapa pun dalam bentuk kemasan, artinya kebiasaan itu mengakibatkan gagal ginjal dan kedua menyumbang angka diabetes mellitus jangka panjang di masa dewasa, kemudian pra lansia juga masa lansia," jelasnya.

Oleh sebab itu, angka kejadian hipertensi dan gula darah di setiap puskesmas cukup tinggi sehingga dua PTM itu menjadi standar pelayanan minimal.

Terutama, dalam melakukan pengobatan dan penanggulangan di puskesmas secara berkesinambungan, yang sejujurnya sampai saat ini pihaknya masih kesulitan mencapai angka 100 persen. 

"Mudah-mudahan tahun ini dengan program deteksi dini PTM khususnya gula darah dan tensi darah juga tingkat kolesterol ke setiap SKPD dan pesantren atau sarana pendidikan," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut