get app
inews
Aa Read Next : Bawa Tagline Bandung Asik, Dandan Riza Wardana-Arif Wijaya Akui Penuh Chemistry

Atalia dan Dandan Riza Wardana Raih Hasil Tinggi di Survei IPO Sebagai Cawalkot Bandung 2024 

Rabu, 31 Juli 2024 | 23:05 WIB
header img
Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah. Foto: Istimewa.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) kembali merilis hasil survei elektabilitas kandidat calon Walikota Bandung periode 2024-2029. 

Hasil survei periode Juli 2024, terdapat perubahan elektabilitas dibandingkan hasil survei periode 20-27 Mei 2024. 

Hasil survei Juli ini, posisi 5 besar elektabilitas bakal calon Wali Kota Bandung 2024 periode 20-27 Juli 2024 mengalami perubahan. 

Posisi pertama ditempati oleh Atalia Praratya dengan tingkat elektabilitas sebesar 38,4 persen, kemudian ada Dandan Riza Wardana yang naik hingga 12,1 persen, posisi ketiga ada Muhammad Farhan 9,5 persen, Asep Mulyadi 8,7 persen, dan Arfi Rafnialdi 8,2 persen.

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah mengatakan pada hasil survei kali ini ada beberapa calon yang elektabilitasnya turun, dan juga sebaliknya.

 "Ada beberapa figur yang naik elektabilitasnya dan juga ada yg turun dari capaian survei Mei yang lalu," kata Dedi Kurnia Syah, Senin (29/7/2024). 

Dedi menyebutkan hasil tersebut tidak lepas dengan kinerja politik terhadap para kandidat sebagai harapan masyarakat untuk memimpin kota Bandung.  

 "Meningkatnya elektabilitas ini tidak terlepas dari hasil kerja-kerja politik dan juga pilihan sosok yang sesuai dengan figur yang diharapkan untuk memimpin Kota Bandung lima tahun ke depan," ujarnya.

Ia mengatakan masyarakat Kota Bandung lebih memilih calon yang berasal dari birokrat daripada dari kalangan artis.  

"Temuan survei kami, responden lebih mengharapkan figur pemimpin seorang birokrat disusul agamis, lalu akademisi, figur bermasyarakat, pengusaha dan tidak terlalu banyak yang memilih artis," katanya. 

Diketahui, survei IPO periode Juli ini lanjutan dari survei sebelumnya untuk memotret situasi awal terkait pilihan politik dan partisipasi politik publik di Kota Bandung dengan jumlah responden sebanyak 803 responden yang telah memiliki hak pilih di Pilkada Kota Bandung 2024. 

Metode pengambilan data menggunakan teknik multistage random sampling dengan tingkat pengukuran kesalahan (margin of error) sebesar 5 persen, tingkat akurasi data 95 persen.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut