get app
inews
Aa Read Next : FK Unjani Gelar Pertemuan Ilmiah Tahunan 2024 Bahas Anti-Aging dan Aesthetic Medicine

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani Gelar Konferensi Internasional Serta Community Service

Kamis, 08 Agustus 2024 | 17:45 WIB
header img
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani menggelar acara 1st International Conference Sustainable Economy and Business Practices untuk meningkatkan praktik bisnis berkelanjutan yang diikuti peserta dari 15 perguruan tinggi di Indonesia. Foto/Humas Unjani

CIMAHI,iNews BandungRaya.id - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) menggelar acara 1st International Conference Sustainable Economy and Business Practices. Kegiatan diselenggarakan di Gedung Serba Guna (GSG) Unjani pada Hari Senin (22/7/2024).

Acara yang mengambil tema "EconoBiz Summit : Building a Future Sustainable Business" ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya praktik bisnis berkelanjutan. Kegiatan ini berhasil menarik perhatian peserta dari 15 perguruan tinggi di Indonesia.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani, Dr. M. Vrans Romi, S.E., MM., M.IP., CHRA. Pada sambutannya, dia menyampaikan pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam mewujudkan praktik bisnis berkelanjutan di era modern.

"International conference ini menjadi wadah inovasi serta diharapkan tercipta solusi yang dapat membantu mencapai tujuan ekonomi berkelanjutan di masa depan," tuturnya.

International conference ini menghadirkan sejumlah narasumber ternama dari berbagai negara. Di antaranya Prof. Dr. A Vasumathi dari India, Dr. Badra Sandamali Galdolage dari Sri Lanka, Prof. Dr. Heni Nurani Hartikayanti, SE., M.Si., Ak., CA dari Indonesia, dan Prof. Dr. Asokan Vasudevan dari Malaysia.

Mereka berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang berbagai aspek keberlanjutan dalam bisnis, termasuk strategi, tantangan, dan peluang yang ada. Kegiatan ini juga mencakup diskusi panel, sesi tanya jawab, dan workshop yang diikuti oleh peserta dengan antusias.

Hal ini menunjukkan tingginya minat dan perhatian terhadap isu-isu keberlanjutan dalam dunia bisnis. Tidak hanya berfokus pada seminar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga mengadakan kegiatan Community Service atau pengabdian kepada masyarakat di sekitaran wisata Curug Layung, Kabupaten Bandung Barat.

Mengambil tema "Curug Layung Community : Fostering Social Responsibility for a Sustainable Future" yang berfokus pada Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, dan Akuntansi Hijau. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sekitar serta mempromosikan praktik bisnis berkelanjutan dalam lingkup yang lebih luas.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Edi Nurtjahjadi, S.E., M.Si. memberikan paparan kepada masyarakat terkait beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melaksanakan bisnis yang berkelanjutan dan pariwisata berkelanjutan.

Hal tersebut direspons cukup baik oleh masyarakat sekitar untuk dapat memajukan ekonomi di daerah masyarakat sekitar. Kemudian acara community service dilanjutkan dengan kegiatan penanaman tumbuhan di sekitar area Curug Layung.

Ini merupakan langkah nyata community service atau pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani menunjukkan komitmennya dalam mendukung bisnis berkelanjutan dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat serta lingkungan sekitar.

Penanaman tumbuhan ini juga menjadi simbol kolaborasi antara akademisi dan masyarakat dalam upaya menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Keberhasilan The 1st International Conference On Sustainable Economy And Business Practices ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan lebih banyak kolaborasi internasional dan mendorong lebih banyak penelitian serta implementasi praktik bisnis berkelanjutan di Indonesia.

Konferensi ini juga diharapkan dapat menjadi acara tahunan yang terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi dunia bisnis dan ekonomi global.

Acara International Conference ini ditutup dengan pemberian cinderamata bagi peserta yang terpilih sebagai best paper, best presenter, dan best poster. Kemudian dimeriahkan oleh penampilan dari paduan suara mahasiswa Unjani.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani berharap acara ini dapat terus menjadi platform bagi para akademisi, praktisi, dan mahasiswa untuk berinovasi dan berkontribusi dalam menciptakan masa depan bisnis yang lebih berkelanjutan. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut