get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Napi di Lapas Sukamiskin Bandung Dapat Remisi Umum HUT Kemerdekaan RI, 2 Koruptor Bebas

Ketua Kominda Jabar Instruksikan Aparat Intelijen Waspada saat HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Ada Apa? 

Jum'at, 16 Agustus 2024 | 19:30 WIB
header img
Ketua Kominda Jabar sekaligus Kepala Kabinda Jabar Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana memimpin rapat bertema "Antisipasi Kerawanan Jelang Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79". (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ketua Komite Intelijen Daerah Jawa Barat (Kominda Jabar) Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana menginstruksikan seluruh aparat intelijen di Jawa Barat waspada menjelang dan saat perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Instruksi itu disampaikan jendral TNI bintang satu yang juga menjabat Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Jabar tersebut seusai memimpin Rapat Kominda Jabar di Kota Cimahi, Jumat (16/8/2024).

Brigjen Raden Toto mengatakan, semua unsur intelijen harus membuka mata dan telinga menghadapi berbagai ancaman yang berpotensi mengganggu stabilitas perayaan kemerdekaan dan proses Pilkada Serentak 2024.

Rapat Kominda Jabar dihadiri oleh berbagai unsur intelijen di Jawa Barat, dari BIN, TNI, Polri, dan komunitas intelijen lainnya. Tema yang diusung dalam rapat adalah "Antisipasi Kerawanan Jelang Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79".

"Ada indikasi kelompok-kelompok tertentu yang berusaha mengganggu perayaan kemerdekaan dengan menyebarkan isu-isu menyudutkan pemerintah, terutama terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN)," kata Kabinda Jabar

Menurut Brigjen TNI Raden Toto, isu IKN seringkali digunakan sebagai alat oleh pihak-pihak yang ingin menciptakan ketidakstabilan dan memecah belah masyarakat. 

"Banyak kelompok yang berusaha menjadikan perayaan HUT RI ini sebagai momentum untuk menggoyang kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Aparat intelijen harus peka terhadap indikasi ini dan tidak boleh lengah," ujarnya.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut