get app
inews
Aa Read Next : Legenda Persib Ajat Sudrajat Doakan Arfi Rafnialdi Jadi Wali Kota Bandung

Kang Arfi Siapkan Program Khusus Pemuda, Ada Ruang Ekspresi hingga Konselor Gratis

Sabtu, 07 September 2024 | 15:17 WIB
header img
Bakal Calon Wali Kota Bandung 2024, Arfi Rafnialdi. (Foto: Ist)

"Apa yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah memfasilitasi baik dari program pendidikan dalam bentuk beasiswa, memberikan fasilitas tempat bertemu atau ruang publik. Nah tentu kalau pemerintah kota bisa menyediakan fasilitas ruang publik yang bisa membuat para pemuda itu berkumpul dan bertukar ide, itu bisa jadi kegiatan kreatif bisa lebih banyak," tuturnya.

Tak hanya itu, Kang Arfi juga menyoroti masalah sulitnya anak muda dalam mendapat lapangan kerja. Karena itu, dirinya berkomitmen untuk mempermudah akses anak muda dalam menjalankan usaha.

"Tentu concern para pemuda ada urusan ekonomi karena mereka ini fresh graduate atau berkeluarga muda. Jadi pemerintah perlu menyediakan lapangan kerja baik itu kemudahan berusaha bisnis baru atau mendorong UMKM naik kelas supaya ada kesempatan lapangan kerja," katanya.

Tak hanya urusan lahiriah, Kang Arfi juga bakal mempermudah akses anak muda untuk mendapatkan bantuan profesional dalam urusan kesehatan mental.

Bukan tanpa alasan, ketimpangan di Kota Bandung selalu di atas angka nasional selama enam tahun terakhir. Ketimpangan memiliki korelasi yang tinggi pada kesehatan mental, merasa ditinggalkan, merasa berbeda dari yang lain, distribusi sumber daya dan kesempatan yang berbeda.

"Akses kepada bantuan professional masih sangat minim. Penempatan psikolog di pusat kesehatan di seluruh Indonesia masih sangat terbatas. Sejauh ini, hanya Yogyakarta yang berhasil menempatkan psikolog di semua 18 puskesmas sejak tahun 2010. Jadi bukan hanya lahiriah, masalah batin juga diurus," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut