get app
inews
Aa Read Next : Demokrat Ingin Dadang Supriatna-Ali Syakieb Dapat Nomor Urut 1 di Pilkada Bandung

BPBD Sebut Gempa Kabupaten Bandung Dirasakan 5 Daerah di Jabar

Kamis, 19 September 2024 | 15:03 WIB
header img
Gempa bumi 5.0 Magnitudo mengguncang Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2024). (FOTO: iNews.id)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id  - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat melaporkan gempa bumi berkekuatan 5.0 Magnitudo yang berlokasi di Kabupaten Bandung, Rabu 18 September 2024 dirasakan di 5 Daerah di Jabar.

Plt BPBD Jabar , Anne Hermadianne mengatakan gempa bumi  5,0 Magnitudo tersebut dirasakan di 6 Kabupaten Kota di Jawa Barat yakni, Kabupaten Bogor, Purwakarta, Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung titik pusat gempa berada.

"Wilayah terdampak yakni 6 kabupaten kota yaitu Kabupaten Bandung, Garut, Bandung Barat, Purwakarta, Kabupaten Bogor dan Kota Cimahi,"kata Anne Hermadianne, Kamis (19/9/2024).

Ia menjelaskan sedikit atas kejadian gempa bumi tersebut sekitar 700 jiwa warga Kertasari Kabupaten Bandung dievakuasi ke pengungsian.

"Pengungsi saat ini terutama di Kertasari Kabupaten Bandung berjumlah kurang lebih 700 orang masih berada di tenda pengungsian sesuai arahan dari BMKG,"jelasnya.

Kemudian, Anne mengatakan pihaknya telah mendirikan dapur umum dan fasilitas penunjang agar kebutuhan para pengungsi bisa terpenuhi.

"Kami juga sudah mengaktifkan dapur umum untuk Kebutuhan makanan untuk para pengungsi. Insya Allah terpenuhi kemudian juga sudah support dengan toilet portable,"katanya.

Selain itu mengenai bocah yang meninggal pasca gempa bumi kemarin, Anne memastikan hal tersebut disebabkan karena korban diduga memiliki penyakit yang membuat kejang-kejang.

"Untuk siswi yang meninggal dari SD Negeri kencana 1 Rancaekek, Kabupaten Bandung atas nama Nasywa Maulida Syaqira almarhumah meninggal pasca gempa dan meninggal diluar bangunan dan bangunan SD dalam kondisi baik pasca gempa,"ujarnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut