get app
inews
Aa Read Next : 1.432 Mahasiswa Baru Itenas Resmi Dikukuhkan, Rektor Tekankan Pentingnya Pendidikan

1.657 Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Bandung Ikut Pesonamu 2024, Rektor Sampaikan Pesan Ini

Kamis, 19 September 2024 | 16:22 WIB
header img
Sebanyak 1.657 mahasiswa baru UM Bandung mengikuti kegiatan Pesonamu 2024. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sebanyak 1.657 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) mengikuti Pekan Sosialisasi dan Orientasi Mahasiswa Baru (Pesonamu) 2024 di Auditorium KH Ahmad Dahlan, lantai tiga gedung utama kampus, Jalan Soekarno-Hatta Nomor 752, Kota Bandung, Rabu (18/09/2024).

Rektor UM Bandung Herry Suhardiyanto mengatakan, seluruh mahasiswa baru harus bersyukur atas nikmat Allah SWT sehingga mereka bisa berkumpul dalam suasana penuh kegembiraan di UM Bandung. 

"Saya menyampaikan ucapan selamat kepada para mahasiswa baru bergabung ke kampus ini. Saya berharap kalian mampu menimba ilmu dan menjadi technopreneur Islami yang tangguh dan berkontribusi bagi masyarakat," kata Rektor UM Bandung.

Herry menyatakan, merujuk situasi Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity (VUCA) yang mendefinisikan tantangan dunia saat ini, karena itu, mahasiswa harus mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan global di era digital saat ini. 

"Dunia yang kita hadapi penuh dengan perubahan cepat dan tidak stabil. Jika tidak mempersiapkan diri dengan baik, kita akan menghadapi masalah lebih besar di masa depan," ujar Herry.

Dalam era revolusi industri 4.0, tutur Rektor, perkembangan kecerdasan buatan, big data, cloud computing, dan internet of things akan membuka lapangan pekerjaan baru, tetapi juga akan menghapus jenis pekerjaan lama. 

Karenanya, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan fleksibilitas dalam memecahkan masalah kompleks.

Menurut Rektor, penting bagi mahasiswa membangun karakter kuat sebagai fondasi kesuksesan di masa depan. 

"Membangun karakter sama pentingnya dengan menguasai teknologi. Keyakinan, kesadaran, sikap, dan tindakan yang didasari nilai-nilai Islami akan menghasilkan prestasi yang bermanfaat bagi umat," tutur Rektor.

Karakter Islami

Rektor UM Bandung Herry Suhardiyanto juga mengingatkan mahasiswa baru bahwa mereka tidak hanya dituntut belajar ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi membentuk karakter Islami yang akan menjadi fondasi dalam menjalani kehidupan. 

"Sebagai technopreneur islami, kalian diharapkan mampu melakukan inovasi yang membawa kebaikan dan kebermanfaatan bagi umat," kata Rektor UM Bandung.

Acara Pesonamu 2024, ujar Herry, momentum bagi UM Bandung untuk menegaskan visi menjadi Islamic Technopreneurial University unggul. Dengan fasilitas kampus yang terus berkembang dan dosen-dosen berkualifikasi tinggi, UM Bandung berkomitmen untuk membekali mahasiswa dengan literasi data, teknologi, dan kemampuan manusia yang holistik.

Herry mengajak mahasiswa tidak hanya fokus pada pencapaian akademik, tetapi harus menjadi individu yang berkarakter kuat dan berkontribusi positif bagi masyarakat. 

"Jangan sia-siakan kesempatan ini. Ukir prestasi sebanyak mungkin. Masih banyak generasi Z yang belum mampu mengakses pendidikan tinggi. Sebagai generasi muda yang beruntung, kalian harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menatap masa depan,” ujar Herry.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut