get app
inews
Aa Read Next : Kang Haru Tawarkan Subsidi Silang Untuk Tekan Kemiskinan di Jabar

Buah Kerja Keras, Atlet Jabar Wujudkan Hattrick Juara Umum PON

Sabtu, 21 September 2024 | 18:02 WIB
header img
PON XXI 2024. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Persaingan ketat dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 berhasil dimenangkan kontingen Jawa Barat. Mereka berhasil keluar sebagai juara umum sekaligus merealisasikan target juara tiga kali berturut-turut.

Pada edisi PON XXI 2024, kontingen Jabar meraih 195 medali emas, 163 medali perak dan 182 medali perunggu. Raihan ini menjadi catatan tersendiri, setelah kontingen Jabar berhasil menjadi Juara Umum PON XIX Jabar 2016 dan PON XX Papua 2020.

Penjabat Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengatakan, prestasi yang diraih ini merupakan buah dari kerja keras atlet, ofisial dan seluruh masyarakat Jawa Barat. Pembinaan atlet yang baik dan pelatihan yang maksimal pun menjadi faktor penting.

"Kami sampaikan terima kasih kepada atlet, pelatih, ofisial, manajer sampai ke KONI dan jajaran atas dedikasi dan kerja kerasnya," ucap Bey, Sabtu (21/9/2024).

"Saya minta jangan pada event nasional (prestasi), tetapi juga event internasional dan dunia juga," tambahnya. 

Bey mengatakan bahwa Pemprov Jabar akan menyiapkan bonus bagi peraih medali PON XXI 2024. Adapun besarannya sekitar Rp300 juta untuk medali emas per orangan, sedangkan cabor beregu akan disesuaikan. 

Dia berharap, semua atlet termasuk calon atlet tidak berpuas diri. Mereka harus bisa terus fokus menelurkan prestasi di level internasional dengan mengasah kapasitas dan kapabilitas dengan sebaik mungkin.

"Kita sebagai negara Indonesia harus lebih banyak berbicara (pentas) di ajang dunia," ujarnya. 

Hal senada dikatakan Ketua Umum KONI Jabar, Muhammad Budiana. Menurutnya, hattrick juara umum menjadi momentum untuk melakukan pembinaan berkelanjutan di semua cabang olahraga dengan lebih baik lagi.

"Kunci keberhasilan Jawa Barat dalam meraih kemenangan ketiga kali di PON ini adalah hadirnya pembinaan berkelanjutan," ucap Budiana.

Wakil Ketua Kontingen Jabar, Dedi Taufik mengatakan, hasil yang diraih Jabar di PON XXI 2024 merupakan hasil kerja keras para atlet, ofisial dan doa masyarakat Jabar. 

"Terima kasih, saya ucapkan kepada 1.260 atlet, 300 pelatih, mekanik, manajer, pimpinan cabor, dan KONI kabupaten kota, juga untuk seluruh warga Jawa Barat tentunya," ucap Dedi.

Dedi yang juga menjabat sebagai Kepala Bapenda Jabar ini pun berterima kasih kepada semua pihak, karena sudah berhasil memenuhi target Jabar hatrick atau juara umum tiga kali berturut-turut.

"Kontingen Jabar ini diperkuat 2.000 orang di bawah binaan Pj Gubernur Pak Bey Machmudin dan Ketua (Chef de Mission) yang juga Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, yang telah memimpin pasukan Jabar hingga akhirnya bisa meraih hattrick  juara umum di PON XXI/2024 Aceh-Sumut,” tuturnya.

Dedi pun meminta para atlet agar tidak cepat puas dengan hasil yang diraih saat ini, karena selanjutnya di Jabar akan dilaksanakan babak kualifikasi untuk Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV). 

PORPROV akan dilaksanakan pada 2026 di tiga daerah, yaitu Depok, Kota Bogor, dan Kabupaten Bekasi. PORPROV menjadi ajang untuk menjaring atlet-atlet yang nantinya akan disiapkan untuk PON XXII NTB-NTT 2028.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut