get app
inews
Aa Read Next : Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Masoem Resmi Terima B1 KWK Golkar untuk Pilwalkot Bandung

Makna Nomor 4 bagi Cawalkot-Cawawalkot Arfi-Yena: Pemimpin Masagi Siap Bangun Kota Bandung

Selasa, 24 September 2024 | 15:53 WIB
header img
Cawalkot-cawawalkot Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma'soem saat mendapatkan nomor urut 4 di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Calon Wali Kota-Calon Wakil Wali Kota (Cawalkot-cawawalkot) Arif Rafnialdi-Yena Iskandar Ma'soem siap membangun Kota Bandung. Pasangan bernomor urut 4 ini dinilai memiliki empat unsur kepemimpinan masagi atau paripurna sehinggga layak memimpin.

Untuk diketahui, masagi adalah ungkapan dalam Bahasa Sunda yang secara umum berarti paripurna. Dalam kepemimpinan, masagi bermakna mampu menguasai dan mengatasi banyak hal.

Yena mengatakan, pemimpin yang baik adalah yang 'masagi'. Jadi selain paham ilmu pemerintahan, pemimpin yang baik juga harus memiliki empat sifat dasar kepemimpinan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

"Pemimpin harus siddiq (benar), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan) dan fathonah (cerdas). Insya Allah pasangan Arfi-Yena akan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga empat hal itu," kata Yena saat dimintai tanggapan setelah pasangan Arfi-Yena mendapat nomor urut 4. 

Yena menyatakan, sifat fathonah juga dimiliki oleh Arfi. "Seperti diketahui, beliau (Arfi) merupakan insinyur ITB dan paham benar tentang tata kelola Kota Bandung. Terlebih, selama satu dekade ini Kang Arfi adalah pendamping utama Kang Ridwan Kamil. Sehingga, banyak ilmu Kang Emil yang pastinya diserap Kang Arfi," ujar Yena.

Dalam Bahasa Indonesia, tutur Yena, masagi berarti persegi yang memiliki empat sisi. Empat sisi ini dapat diartikan sebagai simbol stabilitas dan keberlanjutan dan melambangkan empat elemen dasar.
 
"Elemen tersebut adalah bumi, air, api dan udara yang menciptakan keseimbangan dalam kehidupan," tuturnya.

Selain itu, kata Yena, nomor 4 dalam kepemimpinan pun berarti mencerminkan komitmen terhadap empat nilai utama. Nilai utama tersebut yaitu kejujuran, keadilan, transparansi, dan inovasi.

Yena mengajak masyarakat memilih pemimpin yang mampu membangun fondasi kuat untuk masa depan, mengedepankan kerja sama, dan menciptakan perubahan yang baik dan berkelanjutan. 

"Dengan memilih pasangan Arfi-Yena nomor urut 4, diharapkan terwujud pemerintahan responsif dan prorakyat. Tetapi yang utama adalah pemimpin yang menjaga empat hal yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW tersebut," ucap Yena.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut