get app
inews
Aa Read Next : ACL 2: Ini 4 Wasit Indonesia Pimpin Pertandingan Sydney FC vs Eastern SC

Timnas Indonesia U-20 Pesta 4 Gol atas Maladewa di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Kamis, 26 September 2024 | 08:40 WIB
header img
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-20 usai mencetak gol ke gawang Maladewa. (Foto: Instagram/timnasindonesia)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Timnas Indonesia U-20 berhasil membantai Maladewa U-20 dengan skor telak 4-0 dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Laga tersebut digelar di Stadion Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada Rabu (25/9/2024).

Keempat gol Garuda Muda dicetak oleh Aditya Warman, Figo Dennis, Toni Firmansyah dan Jens Raven.

Tim asuhan Indra Sjafri itu tampil perkasa sejak awal pertandingan, namun baru bisa menciptakan gol di babak kedua.

Jalannya Pertandingan

Indonesia sudah menciptakan peluang emas sejak awal pertandingan. Tercatat pada menit ketujuh, crossing Dony Tri Pamungkas gagal sempat gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper Maladewa dan lahirkan sepak pojok.

Dari tendangan pojok itu, Indonesia menciptakan peluang emas melalui Alfharezzi Buffon. Namun tembakan Buffon masih melenceng tipis di sisi gawan lawan.

Indonesia juga punya peluang bagus pada menit kesembilan. Umpan Dony Tri Pamungkas di kotak penalti Maladewa gagal dikontrol oleh Toni Firmansyah sehingga peluang terbuang.

Garuda Muda kembali mengancam Maladewa pada menit ke-15 lewat aksi penetrasi Aditya Warman yang dilanjutkan Jens Raven. Namun kiper Maladewa mampu menghalau gempuran Indonesia dan lahirkan sepak pojok.

Tak mau terus diserang, Maladewa pun mencoba membombardir pertahanan Indonesia. Pada menit ke32, tembakan penyerang sekaligus kapten Maladewa, Shanan Rashad nyaris membahayakan gawan Indonesia. Beruntung kiper Ikram Algiffari sigap memblok bola.

Pada menit ke-40 Indonesia kembali mendapatkan peluang emas yang terbuang sia-sia. Berawal dari penetrasi Jens Raven dari sisi kanan. Penyerang naturalisasi itu mengirimkan umpan matang kepada M Riski Afrisal yang berdiri depan gawang Maladewa. Sayang sontekan Riski masih melenceng tipis ke sisi kanan gawan lawan.

Menit ke 41, lagi-lagi pergerakan Jens Raven dari sisi kanan memberikan ancaman. Bola liar diteruskan tembakan Mufli Hidayat tapi bisa diblok kiper Maladewa.

Pada menit ke-45+1 giliran winger Indonesia Arlyansyah Abdulmanan yang melepaskan tembakan ke gawang Maladewa tapi masih bisa diblok kiper lawan.

Di menit ke-45+2 Indonesia kembali dapat peluang emas melalui Jens Raven usai mendapatkan umpan dari Aditya. Tapi sontekannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Maladewa.

Hingga babak pertama berakhir tak ada gol yang tercipta. Babak pertama Indonesia vs Maladewa berakhir 0-0.

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri mencoba mengubah taktik dengan memasukan tiga pemain baru, Muhamad Ragil, Meshaal Hamzah dan Figo Dennis. Nyatanya, kehadiran tiga pemain ini mampu membawa perubahan pada permainan Indonesia.

Pada menit ke-50 Indonesia mengancam gawang Maladewa melalui tembakan Toni Firmansyah. Namun tembakan Toni masih bisa diblok kiper Maladewa.

Indonesia berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-52 melalui gol indah Aditya Warman. Aditya menerima umpan pendek dari Dony Tri yang kemudian Aditya melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti dan berhasil menjadi go. Indonesia unggul 1-0 atas Maladewa.

Pada menit ke-55, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sontekan Figo Dennis yang meluncur datar yang membuat kiper Maladewa mati langkah. Gol Figo Dennis tercipta berkat assist Dony Tri Pamungkas.

Pada menit ke-57, Indonesia berhasil menambah skor menjadi 3-0 lewat tendangan bebas melengkung yang dilepaskan Toni Firmansyah.

Di menit ke-61, Maladewa mampu mengancam gawang Indonesia, namun bisa diblok Ikram Algiffari.

Pada menit ke-66, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 4-0 lewat gol Jens Raven dalam situasi sepak pojok.

Di menit ke-77, Maouri Ananda Yves masuk menggantikan Aditya Warman yang mengalami cedera.

Pada menit ke-79, Maouri langsung mengancam gawang Maladewa lewat tendangan sepak pojok melengkung yang langsung mengarah ke gawang lawan. Namun sontekan sepak pojoknya bisa ditepis kiper Maladewa.

Di menit ke-80 Toni Firmansyah juga mampu mengancam gawang Maladewa lewat tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun tembakan Toni masih melambung tipis di atas mistar gawang lawan.

Melewati menit ke-80, Indra Sjafri mengistirahatkan Dony Tri dan menggantikan dengan Alexandro Felix Kamuru.

Pada menit ke-87, Indonesia mengkreasikan ancaman melalui umpan crossing dari Alexandro Felix Kamuru dari sisi kiri. Namun umpan matang Felix gagal disundul Muhammad Ragil.

Di menit ke-90 Jens Raven dapat dua peluang emas. Peluang pertama berkat umpan Figo Dennis, namun umpannya terlalu deras bagi Jens Raven untuk menyambut dan mencetak gol. Dari situasi ini melahirkan gelombang serangan berikutnya, namun tandukan Jens Raven masih sedikit saja melenceng di sisi kanan gawang Maladewa.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan tercipta. Indonesia menang besar atas Maladewa dengan skor 4-0.

Kemenangan ini bisa menjadi modal positif Indonesia untuk menghadapi Timor Leste U-20 pada pertandingan selanjutnya yang digelar di Stadion Madya, Jumat (27/9/2024) mendatang.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Maladewa

Timnas Indonesia U-20 XI: Ikram Algiffari; Muhammad Mufli Hidayat, Alfharezzi Buffon, Kadek Arel, Muhammad Iqbal Gwijangge, Dony Tri Pamungkas; Toni Firmansyah, Aditya Warman; Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven, Muhammad Riski Afrisal.

Maladewa U-20 XI: Mohamed Yaameen; Ahmed Nawaf Fauzy, Mohamed Aiman Ali, Ahzam Rasheed, Shanaan Rashaad, Ish Aafu Firagm Abdulla Looth Ibrahim, Rasnan Mohamed, Mohamed Aiham Anwar, Muzdhan Hassan, Mohamed Shamhaan

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut