get app
inews
Aa Read Next : Relawan Teh Metty Peduli Dukung Program Super Prioritas Cabup-Cawabup Cianjur Deden-Efa

Profil Metty Triantika Perempuan Pertama Pimpin DPRD Cianjur, dari Kecil Akrab dengan Dunia Politik

Senin, 07 Oktober 2024 | 15:13 WIB
header img
Metty Triantika mencatat sejarah baru sebagai perempuan pertama menjabat Ketua DPRD Cianjur. (FOTO: ISTIMEWA)

CIANJUR, iNewsBandungRaya.id - Metty Triantika mencatat sejarah baru di Kabupaten Cianjur. Bendahara Umum DPD Partai Golkar Jabar itu menjadi perempuan pertama yang menjabat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur setelah resmi dilantik di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Senin (7/10/2024).

Sebagai pemimpin lembaga legislatif masa bakti 2024-2029, Teh Metty, sapaan akrabnya, menyiapkan program Dewan Cepat Tanggap untuk menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat Kabupaten Cianjur sekaligus mengawasi kinerja ekskutif, Pemkab Cianjur.

Saat pelantikan monumental itu, Teh Metty tampil cantik dan anggun dengan kebaya kuning dipadu kerudung warna senada. Politisi Partai Golkar ini mengucapkan sumpah dan janji pelantikan yang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Cianjur Rudita Setya Hermawan 

Pelaksana tugas (plt) Bupati Cianjur TB Mulyana Syahrudin sejumlah pejabat, politisi, dan tokoh masyarakat hadir dalam acara pelantikan unsur pimpinan DPRD Cianjur tersebut.

Untuk mengenal lebih jauh Metty Triantika, berikut profilnya: Teh Metty memiliki latar belakang karier politik panjang. Sebagai kader Partai Golkar, dia telah melalui banyak dinamika politik di Jawa Barat.

Teh Metty telah dekat dengan Partai Golkar sejak kecil. Sang ayah, almarhum H Zainal Abidin merupakan mantan Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur dan anggota DPRD Cianjur. Dibesarkan oleh orang tua yang juga potisi, menjadikan Teh Metty akrab dengan dunia politik sejak muda.

Teh Metty mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas amanah yang diberikan. Tugas menjadi Ketua DPRD Cianjur tidak ringan, namun dengan tekad kuat, kerja sama seluruh anggota DPRD, dan dukungan masyarakat, optimistis dapat menjalankan fungsi dengan baik.

“Hari ini, sebuah lembaran baru terukir dalam perjalanan DPRD Kabupaten Cianjur. Kami menerima amanah ini untuk memimpin dan melayani masyarakat demi kemajuan Cianjur yang kita cintai. Tugas ini memerlukan soliditas kokoh, sinergi harmonis, dan kerja sama erat dari semua pihak,” kata Teh Metty dalam sambutannya.

Dia menegaskan pentingnya dukungan dari masyarakat. Kepercayaan dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan agar DPRD Cianjur dapat menjalankan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan secara optimal. 

“Tanpa dukungan dari masyarakat, langkah kami tidak akan mencapai hasil yang diharapkan. Kami berharap amanah ini dapat kami pertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya untuk membawa Cianjur menuju masa depan yang lebih baik, sejahtera, dan bermartabat,” ujar perempuan berusia 53 tahun ini.

Metty berharap, sebagai perempuan pertama yang memimpin DPRD Kabupaten Cianjur, kehadirannya menjadi inspirasi bagi lebih banyak perempuan untuk terlibat aktif dalam politik dan pembangunan daerah. 

Dia mengajak seluruh anggota DPRD untuk bersinergi dan mengutamakan kepentingan rakyat, terlepas dari golongan atau lapisan masyarakat mana pun.

“Dengan semangat kebersamaan, kita bisa menghadirkan manfaat pembangunan yang merata, mencapai kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” tegas Teh Metty.

Biodata Dr Ir Hj Metty Triantika MT

Tempat Lahir: Sukabumi

Riawan Pendidikan:

SMAN 1 Cianjur-1987
S1 Univrersitas Islam Bandung (Unisba)-1991
S2 Universitas Krisnadwipayan Jakarta-2019

Riwayat Organisasi:

- Ikatan Konsultan Indonesia (INKINDO)
- Ikatan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (INTAKINDO)
- Kadin Kota Bandung
- DPD Golkar Jabar
- Kosgoro Jabar
- BSN PG Jabar
- BSN PG Jabar
- PBVSI Jabar
- Ikatan Ahli Perencana (IAP) Jabar
- PP LIPI Cianjur
- Kartini Cianjur Sejati

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut