get app
inews
Aa Read Next : Teh Yena: Peran Pesantren Penting dalam Pembangunan SDM di Kota Bandung

Pemkot Bandung Targetkan 3 Ruas Jalan Bebas Kabel Udara Tahun Ini

Selasa, 08 Oktober 2024 | 14:51 WIB
header img
Kabel udara di ruas jalan di Kota Bandung. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Pemkot Bandung terus mendorong proses penurunan dan perapian kabel udara di ruas-ruas jalan Kota Bandung. Akhir tahun 2024 ini, 3 ruas Jalan Naripan, Jalan Aceh dan Jalan L.L.R.E Martadinata (Riau) Pendek akan terbebas bebas dari kabel.

Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara menargetkan, sejumlah ruas jalan harus dirapikan dan diturunkan untuk menjaga estetika kota dan keselamatan pengguna jalan.

"Kita fokuskan ruas jalan yang sudah menjadi program, " kata Koswara di sela-sela peninjauan di Jalan Dipatiukur - Jalan Teuku Umar, Selasa (8/10/2024).

Ia menambahkan, kesuksesan pelaksanaan perapihan kabel dan pemindahan kabel udara ke tanah (ducting) butuh koordinasi dan kerjasama antara pemerintah hingga pihak provider hingga Apjatel. 

"Kita targetkan akhir tahun turun semua, koordinasi terus dilakukan," ungkapnya. 

Di tempat yang sama, Koordinator Apjatel Wilayah Jawa Barat, Yudiana Arifin turut menyukseskan program Pemkot Bandung 3 ruas jalan untuk bebas dari kabel udara. 

"Harapannya dari operator untuk laksanakan ducting program pemerintah, karena itu disisi anggaran itu buat operator free. Makannya dengan program 3 titik ini jalan Riau, Aceh dan Naripan ini antusias untuk dilanjutkan," bebernya. 

Sebagai percepatan, Yudiana berharap, dokumen pelengkap segera dilengkapi agar pelaksanaan ducting rampung sesuai target.

"Kalau sudah ada maka tinggal eksekusi. Mudah-mudahan, 3 bulan ini turun," ungkapnya. 

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan A. Brilyana menyampaikan 3 ruas jalan tersebut diharapkan mampu selesai akhir tahun 2024 ini. 

"Tiga ruas jalan menjadi target kita, Jalan Aceh, Jalan Naripan dan Jalan Riau. Insyallah mulai dari sekarang kita laksanakan," tuturnya. 

Saat ini, Diskominfo Kota Bandung dan provider terus gencar melaksanakan perapian kabel di setiap wilayah yang menjadi agenda rutin.

"Perapian dan penertiban kabel ini terus berjalan dan terjadwal. Ini untuk menjaga estetika kota dan keselamatan pengguna jalan, " bebernya. 

Senada dengan Yayan, Kepala Bidang Infrastruktur TIK, Diskominfo Kota Bandung, Mahyudin menyatakan siap untuk melaksanakan arahan dari pimpinan untuk menyelesaikan ducting tahun 2024. 

"Kalau kita lihat samangat pak Wali Kota memang kita akan orientasi jalur ducting yang sudah di bangun oleh Pemkot Bandung total ada 13 ruas," ungkapnya. 

Atas hal itu, pelaksanaan akan diupayakan sesuai terget yaitu 3 ruas jalan mampu rampung akhir tahun 2024 ini. 

"Arahan selanjutnya 3 ruas Jalan Naripan, Jalan Aceh dan Jaln Riau pendek.  Kita orientasikan 3 bulan ke depan," katanya. 

Tahun ini, Pemkot Bandung menargetkan perapian kabel di 30 ruas jalan dengan panjang sekitar 66,35 kilometer.

Sepanjang Januari 2024, perapian kabel udara telah dilakukan di 5 ruas jalan. Antara lain di ruas Jalan Aceh, Jalan Wastukancana, Jalan Cicendo - Kebon Kawung, Jalan Perintis Kemerdekaan, serta Jalan Suniarja - Kebon Jati.

Proses perapian kabel udara ini juga dijalankan paralel dengan penurunan kabel udara. Terbaru, penurunan kabel udara di sepanjang ruas jalan LLRE Martadinata (Riau) telah diturunkan.

Hingga awal tahun 2024, Pemkot Bandung telah menurunkan kabel udara di dua ruas jalan kawasan pusat kota, yakni Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) dan Jalan LLRE Martadinata (Riau).(*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut