get app
inews
Aa Read Next : Disabilitas di Desa Cilame Ikuti Terapi Psikologis untuk Pantau Tumbuh Kembangnya

Anak Berkebutuhan Butuh Terapi Khusus agar Tumbuh Kembang Tak Terganggu

Senin, 21 Oktober 2024 | 18:40 WIB
header img
Talk show bertema "Tumbuh Kembang Anak dan Terapi Neuromodulasi pada Autis & ADHD" yang digelar di Jalan HMS Mintareja Ruko A-28, Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Foto/Istimewa

CIMAHI,iNews BandungRaya.id - Anak berkebutuhan khusus membutuhkan penanganan yang tepat agar masa tumbuh kembangnya tidak terganggu.

Namun terkadang orang tua kesulitan untuk menemukan tempat yang tepat bagi pengobatannya. Sehingga terkadang ada yang dibiarkan yang akhirnya tumbuh kembang anak jadi terkendala.

Berkaca dari kondisi itu Rumah Terapi Al Abina hadir di Jalan HMS Mintareja Ruko A-28, Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Yakni pusat layanan terapi anak berkebutuhan khusus (ABK) serta kondisi neuropsikologis lain, seperti Autisme, ADHD, dan Speech Delay.

Rumah Terapi Al Abina memiliki misi untuk menjadi pusat layanan terdepan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Salah satu layanan unggulan yang ditawarkan adalah Mindwave Assessment.

Yakni menggunakan teknologi quantitative Electroencephalography (qEEG) untuk menganalisis aktivitas gelombang otak, seperti alfa, beta, theta, dan gamma.

Guna memberikan gambaran lengkap tentang kondisi otak dan fungsi kognitif anak. Sehingga memudahkan diagnosis dan terapi untuk kondisi seperti ADHD, autisme, gangguan belajar, dan lainnya.

Selain Mindwave Assessment, rumah terapi ini juga menyediakan berbagai layanan lain. Seperti Terapi Neuromodulasi untuk Autisme dan ADHD, berupa terapi stimulasi otak yang dirancang untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif dan perilaku.

Kemudian konseling psikologi, yakni layanan konseling untuk anak dan dewasa yang menangani berbagai masalah emosional dan perilaku.

Ada juga Terapi Wicara, Terapi Okupasi, dan Orthopedagog yang berfokus pada peningkatan kemampuan motorik, berbicara, dan belajar anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Sementara Terapi Gelombang Suara adalah untuk meningkatkan fungsi kognitif dan kesejahteraan umum.

Didukung oleh tim profesional termasuk dokter spesialis anak, psikolog, dan terapis, rumah terapi ini berkomitmen memberikan layanan terapi yang komprehensif dan berkualitas demi perkembangan terbaik bagi anak berkebutuhan khusus.

Sementara itu pada acara grand opening Rumah Terapi Al Abina yang  diselenggarakan pada tanggal 19 Oktober 2024, dimeriahkan dengan talk show bertema "Tumbuh Kembang Anak dan Terapi Neuromodulasi pada Autis & ADHD".

Hadir sejumlah narasumber ahli di bidang tumbuh kembang anak dan psikologi. Seperti Dr. A. Aziz Asopari, dr. Sp.A., M.Kes., MM.Kes, Dokter Spesialis Anak dengan keahlian dalam bidang tumbuh kembang anak.

Kemudian Eka Musidharata, dr., SpN Subs NITCC(K), pakar dalam terapi neuromodulasi dan stimulasi otak untuk menangani gangguan neurodevelopmental.

Pembicara Psikologi Miryam A. Sigarlaki, M.Psi., Psikolog, yang membahas pentingnya memahami psikologi anak dan dewasa.

Serta Afini Freudwi, M.Psi, Psikolog, yang berfokus pada tantangan tumbuh kembang anak. Sementara moderator Dr. Hj. Indarti Tri Muniti, dr., M.Kes., MM.RS, dari CEO Rumah Terapi Al Abina yang memiliki pengalaman luas dalam layanan terapi anak. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut