get app
inews
Aa
Read Next : Asep Ilyas Penantang Serius Dansah sebagai Balon Bupati Bandung Barat dari PAN

Disabilitas di Desa Cilame Ikuti Terapi Psikologis untuk Pantau Tumbuh Kembangnya

Jum'at, 26 Mei 2023 | 09:36 WIB
header img
Psikolog sedang memberikan terapi psikologis kepada anak berkebutuhan khusus (Disabilitas) untuk mengetahui tumbuh kembangnya di Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, KBB. (Foto:BandungrayaiNews.id)

BANDUNG BARAT,iNewsBandungraya.id- Penyandang Disabilitas di Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengikuti program terapi dan pemeriksaan psikologi di Aula Kantor Desa Cilame, Selasa (23/5/2023). Mereka adalah disabilitas dengan rentang usia antara 3-20 tahun yang kebanyakan menderita disabilitas sejak lahir.

Ketua Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Cucu Yanti yang menjadi inisiator kegiatan ini mengatakan, terapi bagi penyandang disabilitas anak-anak di Desa Cilame sudah berlangsung sejak 2016. Namun sempat terhenti karena ada pandemi COVID-19 dan sekarang kembali digulirkan.

"Awalnya ada 35 anak disabilitas, namun sekarang tinggal 20 karena sebagian orang tuanya ada yang melakukan terapi secara mandiri," ucapnya usai pemeriksaan psikologis pengembangan potensi melalui dukungan kesehatan dan sosial holistik bagi anak disabilitas.

Pada awal program ini digulirkan pelaksanaannya hanya setahun tiga kali. Kemudian di 2017 pelaksanaannya ditambah dari tiga kali setahun menjadi setiap bulan, bahkan di 2020 menjadi dua kali dalam sebulan. Namun tahun 2020 saat terjadi pandemi COVID-19 program ini sempat mengalami kevakuman.

Selain itu kendala di lapangan juga harus dihadapi karena masih adanya orang tua yang merasa malu atau minder anaknya ikut program ini. Setelah lambat-laun diberikan pemahaman, akhirnya mereka mau terlibat karena manfaatnya sangat positif bagi tumbuh kembang anak ke depan. Mengingat biasanya bagi disabilitas perlu ada penanganan khusus secara telaten.

"Di kegiatan ini melibatkan pula psikolog agar mereka tahu cara menghadapi anak-anaknya yang berkebutuhan khusus," imbuhnya.

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut