get app
inews
Aa Read Next : Hari Sumpah Pemuda, Bey: Momentum Bangun Agenda Pengembangan Kepemudaan

TRAMP Ajak Pemuda Peduli dan Jaga Kelestarian Alam Lewat Kemah Edukasi

Senin, 28 Oktober 2024 | 20:28 WIB
header img
Kemah Edukasi TRAMP. (Foto: Ist)

BOGOR, iNewsBandungRaya.id - Perkumpulan Pendaki Gunung TRAMP menggelar Kemah Edukasi yang digelar di camping ground Cibuluh Land, Sentul, Kabupaten Bogor selama dua hari, pada Sabtu-Minggu (26-27/10/2024).

Kemah Edukasi TRAMP dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ini, diikuti oleh 103 peserta Pramuka, Sispala dan 15 perwakilan kelompok pegiat alam (KPA) serta Mapala se-Jabodetabek.

Tahun ini, Kemah Edukasi mengangkat tema Semangat Pemuda Indonesia 'Bergerak, Berkarya, Berpetualang, dan Berdampak' dengan menghadirkan Alfira Naftaly Pangalila atau yang akrab disapa Abex dan pendaki muda Khansa Shahlaa sebagai pembicara yang membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka dalam berkegiatan alam bebas. 

Ketua Umum TRAMP, Julianto Wibowo mengatakan, Kemah Edukasi sudah diselenggarakan TRAMP sebanyak 3 kali, namun kegiatan-kegiatan sebelumnya diberi nama TRAMP Sharing Seasson.

"Artinya, pemuda - pemudi Indonesia harus terus bergerak pada kegiatan-kegiatan positif, terus berkarya pada hal-hal yang produktif, berpetualang ke seluruh pelosok negeri agar semakin menambah kecintaan terhadap bangsanya sendiri," ucap Iyan sapaan akrabnya usai kegiatan Kemah Edukasi.

"Semua poin di atas yang dilakukan pemuda-pemudi Indonesia, wajib berdampak positif bagi pribadi masing-masing, kelompok, lingkungan, serta bangsa Indonesia," tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Kemah Edukasi, Muhammad Nur Witama menambahkan, Kemah Edukasi diadakan sebagai respons tingginya minat olahraga luar ruang belakangan ini baik yang dilakukan oleh kalangan organisasi pegiat alam bebas, komunitas bahkan individu. 

"Lantaran minimnya pengetahuan berkegiatan di alam bebas, perkembangan jaman yang signifikan, pergeseran budaya, kurangnya kepedulian terhadap kelestarian alam serta memudarnya etika dan rasa solidaritas oleh generasi muda saat ini," imbuhnya.

Dalam berkegiatan di alam bebas, kata Nur Witama, hal tersebut berdampak besar pada kelestarian alam serta membahayakan bagi para pelaku kegiatan tersebut.

"Dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan luar ruang, perlu diimbangi dengan bekal pengetahuan seperti orientasi lokasi, tujuan berkegiatan, kemampuan dasar manajemen keamanan dan keselamatan, persiapan kemampuan fisik yang prima, serta penguasaan mental dan perilaku yang wajib di kuasai individu maupun kelompok," tuturnya.

Dalam Kemah Edukasi, peserta akan diajak berdiskusi dengan pelaku pegiat alam bebas tentang pentingnya manajemen keselamatan dalam berkegiatan luar ruang serta edukasi tentang manajemen perjalanan, pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) dan materi teknik tali temali tunggal (Single Rope Technique). 

Nur Witama berharap, setelah mengikuti kemah edukasi, peserta diharapkan bisa mengaplikasikan materi yang didapatkan ketika berkegiatan di alam bebas sehingga menjadi individu, kelompok, atau komunitas yang bertanggungjawab kepada lingkungan serta diri sendiri. 

"Semoga mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan serta meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri dalam berkegiatan luar ruang," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut