GIIAS Bandung 2025, Mazda Hadirkan 2 SUV Unggulan Terbaru CX-3 Kuro dan CX-60 Sport
BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2025 di Kota Bandung dimeriahkan oleh kehadiran dua line up SUV The New Mazda CX-3 Kuro dan CX-60 Sport.
Dua kendaraan Sport Utillity Vehical (SUV) yang mewujudkan Jinba-Ittai dan KODO Design itu, menghadirkan keramahtamahan omotenashi.
Kehadiran CX-3 Kuro berwarna silver metalic dan CX-60 sport itu menambah megah pemeran otomotif di Sudirman Grand Ballroom, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bandung.
Marketing & Communications General Manager Viya Arsawireja mengatakan, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sekaligus distributor resmi kendaraan Mazda di Indonesia, menyambut Mazda Friends melalui partisipasi di GIIAS Bandung 2025.
"Pada GIIAS Bandung 2025, Mazda mengusung tema “For You. To Feel, To Drive”. Tema ini menegaskan komitmen kami menghadirkan kendaraan yang terkoneksi secara emosional dengan setiap pengguna," kata Viya dalam konferensi pers, Selasa (1/10/2025).
Viya menjelaskan, For You, mobil kendaraan Mazda dirancang dengan pendekatan human-centric, mengedepankan kenyamanan, dan kebutuhan para pengguna.
To Feel, ujar Viya, Mazda mengaplikasikan filosofi Jinba-Ittai. Setiap line-up Mazda diciptakan untuk menghadirkan harmoni dan kesatuan antara pengemudi dan kendaraan
"Sedangkan to drive, melalui GIIAS 2025, Mazda ingin menegaskan bahwa berkendara bukan sekadar aktivitas mobilitas, melainkan sebuah perjalanan penuh makna, yang membangkitkan rasa," ujarnya.
Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia Ricky Thio mengatakan, Mazda lahir dari jati diri kuat dan dibangun atas dasar karakter dan filosofi.
"Di GIIAS 2025, kami tidak hanya menampilkan produk terbaik, tetapi juga semangat Omotenashi, keramahtamahan khas Jepang yang tulus dan penuh perhatian terhadap setiap detail,” kata Ricky.
Ricky menjelaskan, secara nasional, Pulau Jawa masih menjadi wilayah dengan kontribusi terbesar bagi Mazda, menyumbang lebih dari 25 persen penjualan sepanjang 2024.
Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Jawa Barat, ujar Ricky, menunjukkan potensi pasar signifikan. Melalui peluncuran model-model terbaru di GIIAS Bandung 2025.
"Kami optimis dapat semakin memperkuat posisi Mazda di Jawa Barat sekaligus memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen yang mencari kualitas premium dan pengalaman berkendara istimewa," ujar Ricky Thio.
Peluncuran 2 Line-Up SUV Unggulan
Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 2017, Mazda CX-3 telah menjadi salah satu line-up compact SUV terfavorit dengan respons positif konsisten dari pasar.
Viya Arsawireja mengatakan, The New Mazda CX-3 Kuro kini tampil semakin sporty, sehingga pasti fun-to-drive (menyenangkan untuk dikendarai).
"The New Mazda CX-3 Kuro hadir dengan tampilan lebih sporty, serta konsistensi rasa berkendara yang fun-to-drive," kata Viya.
Menurut Viya, ciri khas edisi ini menonjolkan desain honeycomb front grille terbaru, yang mencerminkan gaya hidup aktif dan penuh percaya diri. Interiornya dilengkapi sistem audio premium hasil kolaborasi Mazda dengan JBL.
Sehingga, sistem audio ini menghadirkan kualitas suara jernih dan mendalam. Untuk kenyamanan, fitur Automatic Folding Mirror juga tersedia sebagai standard.
"Ditenagai mesin SKYACTIV-G dengan rasio kompresi tinggi, dipadukan transmisi otomatis 6-percepatan SKYACTIV-DRIVE dan struktur rangka ringan berbasis SKYACTIV Body & Chassis, model ini juga dilengkapi fitur i-Stop, untuk efisiensi bahan bakar optimal," ujarnya.
Selain Kuro Edition, tutur Viya, Mazda turut menawarkan Touring Edition dan Pro AutoExe Edition. Masing-masing edisi dirancang dengan karakter berbeda, namun tetap konsisten menghadirkan desain sporty, fitur fungsional, dan pengalaman berkendara menyenangkan.
"The New Mazda CX-3 Kuro ditawarkan dengan harga OTR Bandung Rp424.400.000," ujar Viya.
CX-3 Kuro mencatatkan total penjualan sebanyak 1.277-unit sepanjang 2024, menempati peringkat pertama dari seluruh line-up Mazda yang dipasarkan di Indonesia.
Sedangkan Mazda CX-60 juga menunjukkan performa solid di kategori segmen Large SUV, terjual sebanyak 278 unit sepanjang 2024. Model ini menempati posisi teratas pada kategori segmen large SUV di Mazda.
Sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme pasar, Mazda menghadirkan edisi terbaru dari kedua model tersebut di GIIAS 2025.
The New Mazda CX-60 kini hadir dalam Sport Edition, ditujukan bagi konsumen yang menginginkan kendaraan dengan efisiensi berkendara cerdas, kenyamanan, dan price point lebih kompetitif.
Berbeda dengan edisi sebelumnya, CX-60 Sport dengan karakter dinamis beraksen hitam, elite edition, dengan nuansa elegan melalui kabin berwarna terang, serta pro edition, dengan tampilan maskulin dan sistem penggerak all-wheel drive.
Mobil ini cocok bagi pecinta tantangan. Sport Edition menawarkan pilihan baru dengan sistem penggerak rear wheel drive tetap menghadirkan rasa berkendara khas Mazda.
Desain modern The New Mazda CX-60 Sport menampilkan Bar-Type Front Grille, Chrome Signature Wing, dan aksen matte black pada Signature, Window Line, dan Cladding.
Kabin Large SUV ini dilengkapi media display 12,3 inci, Wireless Apple CarPlay & Android Auto, Wireless Charger, serta sistem audio BOSE 12-speaker.
Ditenagai mesin SKYACTIV-G 2.5L yang dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan tanpa Torque Converter, model ini menghadirkan performa halus, sekaligus responsif. The New Mazda CX-60 Sport ditawarkan dengan harga OTR Bandung Rp711 juta.
Editor : Agus Warsudi