BANDUNG, INEWBANDUNGRAYA - Meta Platforms Inc tengah memperbarui tampilan halaman utama atau feed dalam aplikasi Facebook menjadi dua tab, seperti layaknya tampilan TikTok.
Pembaruan ini dilakukan tak lain untuk menarik minat anak muda dan tentunya agar bisa bersaing dengan TikTok.
“Tampilan Beranda, tab umpan berita utama Facebook yang akan dilihat pengguna ketika mereka membuka aplikasi, akan mulai lebih banyak menampilkan posting populer dari akun yang tidak diikuti pengguna, termasuk Reels dan Stories,” kata Meta dikutip dari laman Trend, Sabtu (23/7/2022).
Chief Executive Officer, Mark Zuckerberg mengatakan, Facebook akan menyarankan posting kepada pengguna dengan memakai kecerdasan buatan (AI) untuk menyajikan konten yang direkomendasikan.
Tab terpisah baru yang disebut 'Umpan' akan menawarkan versi pendekatan lama, yang sebagian besar menampilkan posting dari teman, halaman, dan grup yang dipilih secara aktif oleh pengguna untuk diikuti.
Nantinya, feed tidak akan menyertakan posting yang disarankan tetapi akan tetap memiliki iklan.
"Umpan di tab itu akan disajikan secara kronologis, tanpa peringkat yang dipersonalisasi," jelas Mark.
Perusahaan media sosial terbesar di dunia telah melakukan semua rekomendasi algoritmik dalam beberapa bulan terakhir karena ancaman dari TikTok telah berkembang. Perubahan mencolok dari rencana 2018 untuk menampilkan lebih banyak posting dari teman dan keluarga di umpan berita.
Aplikasi Instagram juga mengumumkan pengujian pengalaman menonton ala TikTok yang lebih mendalam pada bulan Mei.
Mark mengatakan, kepada investor pada bulan April bahwa Meta melakukan investasi signifikan untuk mendukung pendekatan mesin penemuan.
Awal bulan ini, Chief Product Officer, Chris Cox mengatakan kepada karyawan ada rencana untuk meningkatkan lima kali lipat jumlah unit pemrosesan grafis (GPU) di pusat datanya pada akhir tahun untuk memberikan daya komputasi ekstra untuk AI.***
Editor : Rizal Fadillah
Artikel Terkait