Patriot Desa Lahirkan Penggerak Lokal Revolusioner

Rizal Fadillah
Patriot Desa. (Foto; Ist)

Dalam pelaksanaannya, peran Patriot Desa bersama stakeholder terkait membantu desa dalam strata kemajuan dan kemandirian desa. Ada lima strata desa yang menjadi indikator dalam pembangunan desa, antara lain Desa Sangat Tertinggal, Desa Tertinggal, Desa Berkembang, Desa Maju dan Desa Mandiri.

Dan peran para patriot desa adalah berupaya bersama – sama stakeholder terkait untuk bagaimana meningkatkan strata dari desa-desa yang ada di Jawa Barat. 

Staf senior Pemberdayaan Masyarakat Program Patriot Desa Jawa Barat, Koko Muhammad mengatakan, Patriot Desa menjadi dalah satu aktor yang membantu dalam meningkatkan strata kemajuan dan kemandirian desa berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM).

"Yang mereka lakukan adalah menyusun inisiatif mandiri, dimana inisiatif mandiri ini disusun berdasarkan rekomendasi IDM kemudian dipadukan dengan potensi desa yang ada. Kami susun berbagai inisiatif mandiri sehingga indikator indeks ketahahan sosial, ekonomi dan ketahanan lingkungan meningkat secara nyata di lapangan," jelasnya. 

Lebih lanjut, Koko mencontohkan, misalkan di salah satu desa itu lemah dalam akses literasi sehingga adanya rekomendasi dibentuknya taman bacaan. Dalam hal ini patriot desa mempusatkan membantu desa agar desa tersebut memiliki taman bacaan dengan cara memfasilitasi pembentukan dan pengelolaan taman bacaan.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network