Pemprov Jabar Kaji Penyebab Utama Munculnya Gagal Ginjal Akut

Abbas Ibnu Assarani
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: dok)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah mengkaji penyebab utama munculnya gangguan ginjal akut di masyarakat.

Emil sapaan akrabnya mengaku telah bertemu secara langsung dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk membahas gangguan ginjal akut.

"Jadi terus sedang dikaji sumber utamanya, tapi dugaan terhadap obat buat anak-anak itu salah satu suspek utama," katanya, Rabu (26/10/2022).

Diketahui, dalam catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat, terdapat 33 kasus gangguan ginjal akut di Jawa Barat. Dari jumlah tersebut, 16 diantara dinyatakan meninggal dunia.

Gubernur mengatakan, dari catatan tersebut, mayoritas terkena gangguan ginjal akut merupakan anak-anak. Maka dari itu untuk mengetahuinya penyebab utamanya menunggu informasi dari Menkes.

"Karena kan ini mayoritasnya kepada anak-anak. Tapi saya menunggu informasi ilmiah dari pak menteri, sepakat tadi malam supaya nanti apa yang disampaikannya sama," ucapnya.

Gubernur menambahkan, Pemprov Jabar saat ini membuat gugus tugas, hal itu guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait gagal ginjal akut.

"Jadi saya hanya kepala daerah, teknisnya sekarang sedang membuat gugus tugas untuk merespon itu. Mengedukasi, menyiapkan obat, memastikan korban tidak bertambah," tancapnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network